Permasalahan yang dihadapi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling

Solihah, Milatus (2020) Permasalahan yang dihadapi Mahasiswa dalam Pembelajaran Online dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_MILATUS_SOLIHAH_16006033_876_2021..pdf

Download (378kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang masih ditemukan mahasiswa memiliki masalah untuk mengikuti proses pembelajaran online. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana gambaran permasalahan mahasiswa pada proses pembelajaran online di tengah pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah mahasiswa Bimbingan dan Konseling angkatan 2018-2019 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang yang berjumlah 499 orang, dengan sampel sebanyak 125 mahasiswa yang dipilih dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket permasalahan mahasiswa dalam pembelajaran online dengan model skala likert. Pengolahan data menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) permasalahan mahasiswa sebelum melaksanakan kuliah online ialah mahasiswa kurang tertarik belajar secara daring dengan persentase sebesar 78%, sebelum perkuliahan daring dimulai mahasiswa merasa bahwa kuliah online itu kurang berkesan dengan persentase sebesar 77,1%, (2) permasalahan mahasiswa pada saat melaksanakan kuliah online ialah saat proses perkuliahan online berlangsung jaringan yang tiba-tiba hilang membuat mahasiswa merasa terganggu dengan persentase sebesar 89%, mahasiswa merasa lelah jika terlalu lama menatap layar monitor sehingga mudah mengantuk dengan persentase sebesar 86% dan (3) permasalahan mahasiswa setelah melaksanakan kuliah online ialah mahasiswa kesulitan memahami materi setelah belajar daring dengan persentase sebesar 80%, mahasiswa kurang mengerti dengan materi yang diberikan dosen melalui daring sehingga sulit menyelesaikan tugas-tugas dengan persentase sebesar 79%. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan kepada dosen Pembina mata kuliah untuk dapat menerapkan berbagai aplikasi pembelajaran kepada mahasiswa agar perkuliahan daring lebih efektif serta kepada konselor untuk dapat memberikan layanan Bimbingan dan Konseling berupa layanan informasi, layanan penguasaan konten, layanan konseling perorangan kepada mahasiswa agar dapat membantu mahasiswa dalam mengentaskan permasalahan atau hambatan yang dialaminya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Fungsional Tertentu > Pranata Humas
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:28
Last Modified: 20 Jan 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36331

Actions (login required)

View Item View Item