Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika SMA dan IPA SMP

Azilia, Diffa (2021) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Video Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Fisika SMA dan IPA SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_DIFFA_AZILIA_17033126_5257_2021.pdf

Download (709kB) | Preview

Abstract

Fisika dan IPA merupakan mata pelajaran yang mengkaji tentang gejala-gejala di alam semesta. Materi yang dipelajari tidak semua bisa divisualisasikan karena tak semuanya bersifat konkret. Hal inilah yang menyebabkan siswa sulit memahami materi tersebut. Solusi yang sesuai dengan masalah ini yaitu dengan menerapkan penggunaan video ke dalam proses pembelajaran siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar summary effect size dari pengaruh penggunaan video terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran fisika SMA dan IPA SMP. Metode penelitian ini menggunakan meta analisis dengan mengumpulkan beberapa artikel yakni sebanyak 26 artikel. Artikel-artikel yang dipilih merupakan artikel yang dapat diperoleh summary effect sizenya pada penerapan video pada pelajaran fisika dan IPA. Besar nilai summary effect size tersebut kemudian dikelompokkan menjadi empat indikator yaitu berdasarkan jenjang pendidikan, model pembelajaran pada jenjang SMA, model pembelajaran pada jenjang SMP, dan wilayah penelitian. Berdasarkan penelitian tersebut, diperoleh kesimpulan yaitu: (1) Summary Effect size pada pengaruh penggunaan video jika dibandingkan berdasarkan indikator jenjang pendidikan, diperoleh pengaruh penggunaan video di SMP lebih tinggi daripada di SMA, (2) Summary Effect size pada pengaruh penggunaan video jika dibandingkan berdasarkan model pembelajaran pada jenjang SMA, diperoleh bahwa Creative Problem Solving menjadi yang paling berpengaruh dengan kriteria sangat tinggi, (3) Summary Effect size pada pengaruh penggunaan video jika dibandingkan berdasarkan model pembelajaran pada jenjang SMP, diperoleh bahwa Heuristik Vee menjadi yang paling berpengaruh dengan kriteria tinggi, dan (4) Summary effect size pengaruh penggunaan video jika dibandingkan berdasarkan indikator wilayah penelitian, diperoleh bahwa Pulau Sumatera menjadi wilayah yang paling berpengaruh dalam penggunaan video dengan kriteria tinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:28
Last Modified: 20 Jan 2022 01:28
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36327

Actions (login required)

View Item View Item