Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar kelas II SDN 05 Kapalo Koto.

Sisviona, Tika (2021) Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar kelas II SDN 05 Kapalo Koto. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_TIKA_SISVIONA_14003086_3601_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di lapangan yaitu seorang anak berkesulitan belajar di SDN 05 Kapalo Koto yang mengalami kesulitan dalam bidang membaca yaitu membaca permulaan seperti, membaca kata walaupun sebelumnya telah dijarkan dengan menggunakan media langsung. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas penggunaan media pembelajaran big book untuk meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan bagi Anak Berkesulitan Belajar kelas II SDN 05 Kapalo Koto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan disain penelitian A-B-A. Subjek penelitiannya adalah seorang anak Berkesulitan Belajar. Teknik pengumpulan data berupa tes perbuatan dan alat pengumpulan data menggunakan observasi langsung. Data dianalisis menggunakan teknik analisis data visual grafik. Berdasarkan hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menyatakan bahwa kemampuan membaca permulaan yaitu membaca kata meningkat secara positif setelah diberikan intervensi dengan menggunakan media pembelajaran big book. Terbukti bahwa penggunaan media pembelajaran big book efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak berkesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KESULITAN BELAJAR, MEMBACA PERMULAN, MEDIA PEMBELAJARAN
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 20 Jan 2022 01:27
Last Modified: 20 Jan 2022 01:27
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36324

Actions (login required)

View Item View Item