Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Media Mind Mapping bagi Anak Tunarungu di SLB N 1 Painan.

Putri, Suci Rahma (2021) Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman melalui Media Mind Mapping bagi Anak Tunarungu di SLB N 1 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SUCI_RAHMA _PUTRI_17003152_3759_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Setiap individu memiliki hak yang sama dalam memperoleh suatu pendidikan, tanpa pengecualian termasuk anak berkebutuhan khusus. Salah satu yang termasuk ke dalam anak berkebutuhan khusus adalah anak Tunarungu. Anak tunarungu merupakan anak yang mengalami hambatan dalam kemampuan mendengar yang menyebabkan anak mengalami sebuah hambatan dalam perkembangan bahasanya yang disebabkan oleh tidak berfungsinya seluruh atau sebagian alat pendengarannya. Peneliti memiliki ketertarikan dalam mengangkat masalah ini dikarenakan ingin membantu anak dalam meningkatkan kemampuan membca pemahamannya. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektif atau tidaknya media mind mapping dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman dalam menjawab pertanyaan berupa 5W+1H (Apa, Siapa, Dimana, Kenapa, Kapan dan Bagaimana) bagi anak tunarungu kelas VIII di SLB N 1 Painan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen yang berbentuk Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Teknik analisis data berupa analisis visual grafik. Hasil analisis data yang dilakukan selama 17 kali pertemuan, yang mana dalam tiga kondisi yaitu baseline (A1) dengan perolehan hasil persentase yaitu : 30%,40%,20%,20%,20%. Pada kondisi Intervensi (B) dengan perolehan persentase : 70%, 60%, 80%, 80%, 90%, 90%, 90%. Terakhir pada kondisi baseline (A2) perolehan persentasenya yaitu : 90%, 80%, 90%, 90%, 90%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan membaca pemahaman meningkat setelah menggunakan media mind mapping pada anak tunarungu kelas VIII di SLB N 1 Painan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEMAMPUAN MEMBACA, MEDIA PEMBELAJARAN, ANAK TUNARUNGU
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:15
Last Modified: 19 Jan 2022 07:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36323

Actions (login required)

View Item View Item