Pelaksanaan Pembelajaran pada Masa Pandemi di SLB Negeri 1 Padang

Sari, Sri Multi (2021) Pelaksanaan Pembelajaran pada Masa Pandemi di SLB Negeri 1 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_SRI_MULTI_SARI_17003150_3654_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya suatu kendala dalam pelaksaan pembelajaran tingkat SMALB dimasa pandemi di SLB Negeri 1 Padang. Berdasarkan hal tersebut, maka dari itu peneliti bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran dan kendala pelaksanaan pembelajaran dimasa pandemi oleh guru kelas tingkat SMALB. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis study kasus. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru kelas tingkat SMALB. Dalam pelaksanaan penelitian ini yang akan diutamakan pada pengumpulan data. Sedangkan teknik yang akan digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumesntasi. Teknik analisis dan interprestasi data dalam penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan pelaksanaan pembelajaran di SMALB pada masa pandemi yang meliputi pelaksanaan pembelajaran, kendala dalam pelaksanaan pembelajaran, cara guru dalam mengahadapi kendala, dan evaluasi. Kurikulum yang digunakan oleh guru yaitu kurikulum 2013. Metode yang digunakan guru yaitu metode ceramah, penugasan, analisis tugas. Media yang digunakan yaitu media gambar, media langsung, media teknologi komputer. Sedangkan strategi yang digunakan guru yaitu ceramah dan demontrasi, strategi yang diindividualisasikan, strategi mengikuti hati siswa. Kendala yang dirasakan oleh guru selama pelaksanaan pembelajaran dikelas, waktu yang kurang maksimal dan daya ingat anak yang lemah akibat pembelajaran home visit tahun 2020. Solusi guru dalam menghadapi kendala tersebut agar tujuan pembelajaran tercapai akibat waktu yang kurang maksimal guru akan menyesuaikan indikator pembelajaran dengan waktu. Sedangkan untuk daya ingat anak yang lemah guru akan mengulang-ulang terus pembelajaran sampai anak bisa. Evaluasi pada pelaksanaan pembelajaran dikelas guru menggunakan evaluasi objektif dan esay setelah akhir pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: PEMBELAJARAN, MASA PANDEMI
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jan 2022 03:43
Last Modified: 19 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36312

Actions (login required)

View Item View Item