Respon dan Kendala Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh

Rahayu, Alfina (2021) Respon dan Kendala Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_ALFINA_RAHAYU_17031126_3206_2021.pdf

Download (665kB) | Preview

Abstract

Wabah Covid-19 membuat sekolah melaksanakan pembelajaran online untuk mencegah penyebaran virus ini. Perubahan ini cukup mendadak dimana guru dan peserta didik belum terbiasa dengan sistem ini. Banyak hal yang berbeda antara pelaksanaan pembelajaran tatap muka dengan online. Maka perlu dianalisis mengenai respon dan kendala guru dan peserta didik terhadap pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaran biologi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah seluruh guru biologi dengan jumlah 5 orang dan peserta didik kelas XI IPA yang berjumlah 214 orang di SMA Negeri 2 Sungai Penuh. Teknik sampling yang digunakan adalah total sampling. Peneliti melakukan penyebaran kuesioner keterlaksanaan dan respon. Data penelitian dianalisis menggunakan persentase (%) dari jawaban guru dan peserta didik kelas XI IPA. Hasil penelitian menunjukan respon guru (73,02%) dan peserta didik (68,66%) terhadap pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaran biologi berada dalam kategori cukup baik. Ada beberapa kendala yang dirasakan guru dan peserta didik, mulai dari kendala secara teknis maupun sosial yang menyebabkan pembelajaran on line kurang terlaksana dengan baik. Kendala yang dialami guru dan peserta didik dalam pelaksanaan pembelajaran online dapat dikategorikan dari aspek akses, perangkat dan aplikasi, materi, efektivitas, kesulitan dan evaluasi pembelajaran online. Kendala yang ditemukan dalam penelitian ini hendaknya dapat menjadi bahan masukan dan koreksi bagi guru danjuga sekolah sebagai penyelenggara kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 19 Jan 2022 00:34
Last Modified: 19 Jan 2022 00:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36292

Actions (login required)

View Item View Item