Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Bercocok Tanam Bawang Daun pada Anak Tunagrahita Ringan (Pre-Experimental Designs Kelas VII Di SLB Kasih Ibu).

Dewi, Rahmah Sari (2021) Efektivitas Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Kemampuan Bercocok Tanam Bawang Daun pada Anak Tunagrahita Ringan (Pre-Experimental Designs Kelas VII Di SLB Kasih Ibu). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_RAHMAH_SARI_DEWI_17003029_4902_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya permasalahan yang peneliti temukan di SLB Kasih Ibupada anak kelas VII. Tujuan penelitian ini untuk membuktikan efektivitas metode demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan bercocok tanam bawang daun bagi anak tunagrahita ringan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan bentuk pre experimental design, dengan desain kelompok tunggal pretest dan posttest. Dimana subjek penelitian diberikan tes perbuatan berupa pretest yang merupakan kondisi awal anak dan tes perbuatan berupa posttest setelah diberikan perlakuan atau treatment metode demonstrasi yang merupakan hasil akhir. Selanjutnya nilai dari pretest dan posttest diolah menggunakan uji Wilcoxon Signed Ranks. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya hasil yang baik, yang mana bisa dilihat pada nilai -2,023 dengan probabilitas atau Asymp.sig (2-tailed) 0,043 lebih kecil dari probabilitas yang sudah ditetapkan yaitu 0,05. Maka dapat disimpulkan 0,043 < 0,05 yang artinya metode demonstrasi efektif dalam meningkatkan kemampuan bercocok tanam bawang daun pada anak tunagrahita ringan di SLB Kasih Ibu. Oleh karena itu, disarankan bagi guru untuk menggunakan metode demonstrasi saat pemberian pembelajaran bercocok tanam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUNAGRAHITA, METODE DEMONSTRASI, ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 19 Jan 2022 00:33
Last Modified: 19 Jan 2022 00:33
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36289

Actions (login required)

View Item View Item