Pengaruh Metode Latihan Global, Metode Latihan Konvensional Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola Pemain SSB UIR Pekanbaru

Febrian, Riko (2018) Pengaruh Metode Latihan Global, Metode Latihan Konvensional Dan Kecerdasan Emosional Terhadap Keterampilan Bermain Sepakbola Pemain SSB UIR Pekanbaru. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ROKI_FEBRIAN_16199104_6514_2019.pdf

Download (83kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengamatan penulis di lapangan menunjukkan bahwa masih kurangnya keterampilan bermain sepakbola pemain SSB UIR Pekanbaru. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh metode latihan global, konvensional dan kecerdasan emosional terhadap keterampilan bermain sepakbola. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan rancangan penelitian Faktorial 2 x 2. Populasi penelitian ini sejumlah 90 orang siswa putra, sedangkan sampel diambil secara purposive sampling dan sampling random sehingga diperoleh sampel sebanyak 48 orang siswa putra. Data tes keterampilan bermain sepakbola dikumpulkan dengan menggunakan tes keterampilan bermain sepakbola dengan usia 10-13 tahun. Sedangkan data kecerdasan emosional di kumpulkan melalui pengisian angket. Teknik analisa data menggunakan analisa varians (ANAVA) dua jalur. Hasil analisis data diperoleh: (1) Bahwa metode latihan global lebih efektif meningkatkan keterampilan bermain sepakbola dari pada metode latihan konvensional. (2) Terdapat interaksi antara metode latihan dengan kecerdasan emosional terhadap keterampilan bermain sepakbola pemain SSB UIR Pekanbaru. (3) Pada kecerdasan emosional tinggi, keterampilan bermain sepakbola kelompok pemain SSB UIR Pekanbaru yang diberi metode latihan global lebih tinggi secara signifikan dari pada kelompok yang diberi metode latihan konvensional. (4) Pada kecerdasan emosional rendah, keterampilan bermain sepakbola kelompok pemain SSB UIR Pekanbaru yang diberi metode latihan konvensional lebih tinggi secara signifikan dari pada kelompok yang diberi metode latihan global.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine and Food > Sport General
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:43
Last Modified: 18 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36275

Actions (login required)

View Item View Item