Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Peserta Didik di SMA PGRI 3 Padang

Yuda, Anggra (2018) Pengaruh Perhatian Orang Tua, Kebugaran Jasmani dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Olahraga Kesehatan (PJOK) Peserta Didik di SMA PGRI 3 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
6_A_ANGGRA_YUDA_16199009_5078_2019.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Peserta Didik di SMA PGRI 3 Padang. Hasil BelajarPJOKdipengaruhi oleh banyak faktor eksogen diantarnya adalah perhatian orang tua, kebugaran jasmani dan motivasi belajar. Penelitain ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh variabel-varibel eksogen secara langsung, secara kausal dan secara simultan terhadap variabel endogen. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Analisis Jalur (Path Analysis). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik putera kelas XI di SMA PGRI 3 Padang76 orang yang terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara porposive random sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 38 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur perhatian orang tua dan motivasi belajar, tes TKJI untuk mendapatkan data kebugaran jasmani peserta didik dan data primer yang digunakan untuk melihat hasil belajar yang diperoleh oleh peserta didik pada smester genap tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa: (1) Perhatian orang tuai berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar PJOK karena nilai sig = 0,032 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, didapat ρyx1 = 0,295 (2) Kebugaran jasmani berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar PJOK diperoleh nilai sig = 0,017 lebih kecil dari nilai Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Peserta Didik di SMA PGRI 3 Padang. Hasil BelajarPJOKdipengaruhi oleh banyak faktor eksogen diantarnya adalah perhatian orang tua, kebugaran jasmani dan motivasi belajar. Penelitain ini bertujuan untuk mengungkapkan pengaruh variabel-varibel eksogen secara langsung, secara kausal dan secara simultan terhadap variabel endogen. probabilitas 0,05, didapat ρyx2 = 0,233. (3) Motivasi belajar berpengaruh secara langsung dan signifikan terhadap hasil belajar PJOK karena diperoleh nilai sig = 0,022 lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05, didapat ρyx3 = 0,367. (4) Perhatian orang tua berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajarkarena diperoleh ρyx31= 0,476 atau sebesar 21,8%. (5) Kebugaran jasmani berpengaruh secara tidak langsung terhadap hasil belajar PJOK melalui motivasi belajarkarena diperoleh ρyx32= 0,312 atau sebesar 9,37%. (6) Perhatian orang tua, kebugaran jasmani dan motivasi belajar berpengaruh secara simultan terhadap hasil belajar PJOK karena diperoleh nilai Rsquare = 0,482 dan dari tabel Annova diperoleh F=10,54 dengan probabilitas (sig) = 0,000.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 03:43
Last Modified: 18 Jan 2022 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36271

Actions (login required)

View Item View Item