Pengaruh Metode Resitasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lahat Pada Pokok Bahasan Pecahan Tahun Pelajaran 2017/2018

Efendi, Yuliansyah (2018) Pengaruh Metode Resitasi terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Lahat Pada Pokok Bahasan Pecahan Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_YULIANSYAH_EFENDI_15138125_1354_2019.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 1 Lahat, terlihat bahwa prestasi belajar siswa pada pokok bahasaan pecahan masih dibawah KKM, hal ini disebabkan oleh guru yang menerapkan metode pembelajaran yang kurang bervariasi sehingga menyebabkan siswa kelas X tidak semngat mengikuti proses pembelaajran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkapkan perbedaan prestasi belajar pelajaran pokok bahasan pecahan siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dengan siswa yang diajarkan metode ceramah di SMK Negeri 1 Lahat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat experiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Padang. Teknik penarikan sampel dalam penelitian ini adalah dengan random sampling, yaitu yang menjadi sampel adalah siswa kelas X TO1 untuk kelas eksperimen dan kelas X TKJ1 untuk kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar dan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes. Sebelum pengolahan data, terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas kemudian barulah dianalisis dengan menggunakan t-tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar pokok bahasan pecahan siswa yang diajarkan dengan metode resitasi dengan yang diajarkan metode ceramah di SMK Negeri 1 Lahat, dengan nilai thitung sebesar 6.625 > ttabel 2,000 yang berarti H0 ditolak. Dengan kata lain pembelajaran dengan metoda resitasi lebih efektif dari pada pembelajaran yang hanya menggunakan dengan metode ceramah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:44
Last Modified: 18 Jan 2022 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36270

Actions (login required)

View Item View Item