Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Dengan Metode CIPP Di SMK PGRI 2 Lahat

Supriyadi, Supriyadi (2018) Evaluasi Program Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) Dengan Metode CIPP Di SMK PGRI 2 Lahat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_SUPRIYADI_15138118_1387_2019.pdf

Download (78kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan kepada kepala sekolah, wakil humas, guru pembimbing di SMK PGRI 2 Lahat menunjukkan bahwa terdapatnya beberapa kendala dalam pelaksanaan program Prakerin. Masalah yang terjadi masih kurang sesuainya kegiatan yang dilakukan peserta didik di industri dengan kompetensi keahlian yang dipelajari, minimnya tempat Prakerin, dan kurang terprogramnya jadwal pelaksanaan Prakerin. Berdasarkan masalah tersebut peneliti melakukan penelitian evaluasi program Praktik Kerja Industri pada kompetensi keahlian teknik pemesinan di SMK PGRI 2 Lahat. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model CIPP yang bertujuan untuk mengetahui dari masing-masing komponen konteks, input, proses dan hasil dari pelaksanaan program Prakerin. Metode yang digunakan metode kombinasi dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif secara urutan pembuktian (sequential explonary). Pendekatan ini dicirikan dengan pengumpulan data dan analisis kuantitatif pada tahap pertama, dan diikuti dengan pengumpulan dan analisis data kualitatif pada tahap kedua untuk memperkuat hasil temuan penelitian kuantitatif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa komponen konteks, input, proses dan hasil yang ada pada program Praktik Kerja Industri di SMK PGRI 2 Lahat berada pada kategori baik. Sehingga perlu diadakan perbaikan dari komponen input, dan komponen proses untuk menunjang keberhasilan dalam melaksanakan Prakerin. Rekomendasi dari penelitian ini bagi peserta didik diharapkan dapat berkomunikasi dan aktif dalam bersosialisasi di industri, program Prakerin direncanakan secara bersama-sama antara pihak sekolah dengan pihak industri tentang kesesuaian program keahlian peserta didik dengan kompetensi kerja yang ada di dunia industri. Melakukan perbaikan pada setiap komponen, khususnya pada komponen input dan komponen proses, selalu menjalin hubungan kerjasama dengan pihak industri, serta aktif dan inovatif dalam melakukan pengembangan kurikulum dan perangkatnya sebelum program Prakerin dilaksanakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:42
Last Modified: 18 Jan 2022 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36267

Actions (login required)

View Item View Item