Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dalam Menentukan Media Pembelajaran Menggunakan Sistem Pakar

Nursasono, Nursasono (2018) Identifikasi Gaya Belajar Siswa Dalam Menentukan Media Pembelajaran Menggunakan Sistem Pakar. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_NURSASONO_16138125_6742_2019.pdf

Download (60kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran siswa dimotivasi oleh berbagai gaya belajar siswa di kelas yang membuat sulit bagi guru untuk mengidentifikasi strategi pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi gaya belajar menggunakan alat sistem pakar yang valid, dan praktis. Aplikasi sistem pakar yang dirancang untuk membantu guru untuk mengidentifikasi gaya belajar bagi siswa untuk menentukan strategi yang tepat yang dapat digunakan oleh guru dalam mengajar. Desain penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan Borg dan Gall. Jenis data ini terdiri dari data primer ketika data diperoleh langsung dari sumbernya, yaitu sekolah, guru, ahli dan siswa. Teknik analisis data, yaitu teknik deskriptif, menggambarkan validitas dan kepraktisan dari alat yang dikembangkan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah alat yang akan digunakan untuk mengetahui gaya belajar. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa sistem pakar yang dikembangkan valid dan praktis untuk identifikasi gaya belajar siswa. Hasil penelitian ini dapat digunakan oleh guru dalam pengembangan media pembelajaran untuk pembelajaran yang lebih baik. Guru dapat menggunakan media pengajaran yang sesuai berdasarkan gaya belajar siswa, yang dapat membawa manfaat dan pemahaman belajar siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 02:42
Last Modified: 18 Jan 2022 02:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36265

Actions (login required)

View Item View Item