Pengembangan Centralize E-Learning Assignment System Dengan ASP.NET Pada PT. Epson Batam

Pramulia, Henky (2018) Pengembangan Centralize E-Learning Assignment System Dengan ASP.NET Pada PT. Epson Batam. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_HENKY_PRAMULIA_16138037_1501_2019.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Metode pembelajaran berbasis elektronik adalah proses pembelajaran menggunakan Information and Communication Technology (ICT) sebagai tools yang dapat mengatasi masalah pembelajaran tanpa dibatasi ruang dan waktu. Perusahaan dari skala kecil, menengah, hingga besar mulai memandang pentingnya dan keuntungan dari E-Learning. PT. Epson Batam merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang elektronik berlokasi di Batam. Penelitian bertujuan untuk menunjang peningkatan kemampuan sumber daya manusia pada PT. Epson Batam, diterapkanlah suatu sistem E-Learning. Sistem E-Learning saat ini memiliki beberapa keterbatasan, sehingga belum optimalnya sistem E�Learning dalam tujuan meningkatkan kemampuan dan kinerja karyawan PT. Epson Batam. Dalam penelitian ini menghasilkan produk yang berupa pengembangan E�Learning sebagai suplemen pembelajaran untuk pembelajaran pada industri, peneliti perlu menentukan model pengembangan yang tepat dalam mengembangkan produk tersebut. Berdasarkan produk yang akan dikembangkan, peneliti memilih model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) yang dikembangkan oleh Dick and Carey. Dalam penelitian ini, untuk standar evaluasi kualitas perangkat lunak yang digunakan adalah ISO 9126. Untuk aspek functionality evaluasi menggunakan angket kuesioner dengan teknik analisa functionality ISO 9126, reliability menggunakan tool WAPT Pro dengan teknik analisa reliability ISO 9126, usability menggunakan angket kuesioner dengan teknik analisa usability ISO 9126, dan efficiency menggunakan performance test tool dengan teknik analisa efficiency ISO 9126. Pengembangan sistem dilakukan dengan menggunakan teknologi ASP.NET. Sistem telah diuji kualitasnya berdasarkan standar kualitas perangkat lunak ISO 9126 dan hasilnya sudah memenuhi empat aspek kualitas (Web-QEM). Pada aspek evaluasi functionality atau aspek fungsionalitas menghasilkan persentase nilai dengan nilai X = 1, aspek evaluasi reliability atau aspek keandalan menghasilkan persentase nilai rata-rata, aspek evaluasi usability atau aspek kegunaan menghasilkan nilai persentase dan diartikan berada pada posisi tertentu dengan hasil nilai menggunakan Alpha Cronbach yang berada pada posisi tertentu, dan untuk evaluasi aspek efficiency atau aspek efisiensi untuk load time rata-rata, sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem sudah memenuhi atau tidak memenuhi standar kualitas perangkat lunak ISO 9126

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:54
Last Modified: 18 Jan 2022 01:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36262

Actions (login required)

View Item View Item