Pengembangan Bahan Ajar Tematik Keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis dalam Pendekatan Competency Based Training (CBT) bagi Siswa di SMK PGRI 2 Lahat

Sihombing, Dahlia (2018) Pengembangan Bahan Ajar Tematik Keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis dalam Pendekatan Competency Based Training (CBT) bagi Siswa di SMK PGRI 2 Lahat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
5_A_DAHLIA_SIHOMBING_15131893_108_2019.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi yang diteliti penulis, yang menjadi permasalahan yaitu: terbatasnya buku dan belum tersedianya bahan ajar Tematik Keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis sehingga menyebabkan proses pembelajaran belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan bahan ajar Tematik Keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis yang valid, praktis dan efektif agar layak digunakan oleh guru maupun peserta didik. Model penelitian yang digunakan adalah pengembangan 4-D (four-D). dengan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D). Subjek penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Alat Berat di SMK PGRI 2 Lahat, mengambil mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis data yaitu data primer dimana data yang diberikan oleh guru ahli dan siswa. Instrumen pengumpul data berbentuk angket. Teknik analisis data deskriptif untuk mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan keefektifan Bahan Ajar Tematik Keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis. Hasil yang diperoleh dari penelitian pengembangan ini sebagai berikut: (1) Menghasilkan bahan ajar tematik Keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis dalam Pendekatan Competency Based Training. (2) Validitas bahan ajar tematik Keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis dinyatakan sangat baik pada aspek materi (0,95), aspek format (0,90) dan aspek penyajian (0,89). (3) Praktikalitas bahan Ajar tematik keterampilan Memahami Perintah Kerja tertulis berdasarkan respon guru dinyatakan sangat praktis (92,50%) dan berdasarkan respon siswa dinyatakan sangat praktis (85,08%). (4) Efektivitas bahan ajar tematik keterampilan Memahami Perintah Kerja tertulis dinyatakan efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa (50,22%). Berdasarkan temuan penelitian ini disimpulkan bahwa bahan ajar tematik keterampilan Memahami Perintah Kerja Tertulis ini valid, praktis dan efektif untuk digunakan sebagai bahan ajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan - S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:44
Last Modified: 18 Jan 2022 01:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36257

Actions (login required)

View Item View Item