Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MTs Swasta Diniyyah al-Azhar Muara Bungo

Yunesa, Vitri (2019) Identifikasi Faktor yang Mempengaruhi Pembentukan Karakter Disiplin Siswa di MTs Swasta Diniyyah al-Azhar Muara Bungo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_VITRI_YUNESA_17161041_1025_2019.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menggambarkan upaya sekolah membentuk karakter disiplin siswa di sekolah, karena karakter mempengaruhi dalam pembentukan kontrol disi siswa dan berkontribusi dalam menciptakan keteraturan dalam kehidupan sosial. MTs Swasta Diniyyah al-Azhar Muara Bungo merupakan sekolah yang mengimplementasikan boarding school. Tujuan penelitian ini adalah (1) menganalisis upaya MTs Swasta Diniyyah al-Azhar Muara Bungo dalam membentukan karakter disiplin siswa, dan (2) menemukan faktor�faktor yang mempengaruhi pembentukan karakter disiplin siswa di MTs Swasta Diniyyah al-Azhar Muara Bungo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Informan dalam penelitian ini berjumlah 26 orang yang dipilih menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipan, wawancara mendalam dan studi dokumen. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi data. Teknik analisis data dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian menemukan upaya MTs Swasta Diniyyah al-Azhar Muara Bungo dalam membentukan karakter disiplin siswa dengan: (1) menyusun peraturan sekolah, (2) menegakkan peraturan sekolah, (3) budaya sekolah, (4) kegiatan ekstrakurikuler wajib, (5) melaksanakan kerjasama dengan orang tua, (6) keberadaan divisi pembinaan, dan (7) proses pembelajaran dengan IPS. Terdapat dua faktor dalam pembentukan karakrer disiplin siswa yaitu: (1) faktor pendukung adalah (a) faktor kontrol diri siswa, (b) faktor ketegasan guru, (c) faktor kenyamanan siswa dan (2) faktor penghambat yaitu (a) faktor stres dan (b) faktor guru yang kurang tegas, dan (c) faktor konsep diri siswa yang negatif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:43
Last Modified: 18 Jan 2022 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36252

Actions (login required)

View Item View Item