Relasi Sosial Institusi Tungku Tigo Sajarangan dalam Menjalankan Fungsi di Nagari Katiagan Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat

Suarti, Nindi (2019) Relasi Sosial Institusi Tungku Tigo Sajarangan dalam Menjalankan Fungsi di Nagari Katiagan Kecamatan Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
4_A_NINDI_SUARTI_15165012_1519_2019.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Tungku Tigo Sajarangan merupakan pemimpin di tanah adat Minangkabau, secara tradisional tungku itu terdiri dari tiga buah batu yang sama tingginya dan baru akan berfungsi sebagai tungku tempat memasak apabila memang lengkap ketiganya. Tungku yang dimaksud adalah Ninik Mamak, Alim Ulama dan Cadiak Pandai dalam menjalankan fungsinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui relasi sosial Tungku Tigo Sajarangan dalam menjalankan fungsinya, faktor apa yang mempengaruhi relasi sosial institusi tungku tigo sajarangan dalam menjanlankan fungsinya dan apa upaya pemerintah dalam membangun relasi sosial institusi Tungku Tigo Sajarangan dalam menjalankan fungsinya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik pemilihan informan dengan cara purposive sampling. Untuk menguji keabsahan data, peneliti melakukan trianggulasi data. Hasil penelitian ini memperlihatkan relasi sosial yang terjadi antar institusi Tungku Tigo Sajarangan dalam menjalankan fungsinya di nagari Katiagan. Relasi sosial institusi Tungku Tigo Sajarangan dalam menjalankan fungsinya terlihat dalam acara perkawinan dan dalam menyelesaikan permasalahan dalam nagari. Faktor yang mempengaruhi relasi sosial institusi Tungku Tigo Sajarangan dalam menjalankan fungsinya yaitu: satu, Tungku Tigo Sajarangan belum mengetahui fungsinya dalam nagari. Kedua, masih rendahnya tingkat pendidikan Tungku Tigo Sajarangan dalam menjalankan fungsinya. Ketiga, belum adanya lembaga adat dalam nagari. Upaya yang dilakukan pemerintah dalam membangun relasi sosial institusi Tungku Tigo Sajarangan, pemeritah membangun Kantor Kerapatan Adat Nagari dan melibatkan atau mengikutsertakan institusi Tungku Tigo Sajarangan dalam setiap perayaan Hari Besar Islam dan Hari Besar Nasional.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:43
Last Modified: 18 Jan 2022 01:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36244

Actions (login required)

View Item View Item