Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Vas Bunga dari Anyaman melalui Pendekatan Joyful Learning bagi Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VII SLB Luak Nan Bungsu. (Penelitian Tindakan Kelas).

Kurnia, Lusfita (2021) Meningkatkan Keterampilan Vokasional Menghias Vas Bunga dari Anyaman melalui Pendekatan Joyful Learning bagi Anak Tunagrahita Ringan di Kelas VII SLB Luak Nan Bungsu. (Penelitian Tindakan Kelas). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_LUSFITA_KURNIA_17003057_3656_2021.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan guru yang mengajar tentang keterampilan vokasional yang belum maksimal memberikan pelajaran tentang keterampilan menghias vas bunga dari anyaman. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan vokasional menghias vas bunga dari anyaman bagi anak tunagrahita ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom action research) bertujuan untuk memperbaiki proses pembelajaran dilakukan dua siklus. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk kolaborasi dengan guru kelas VII. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan Joyful Learning dikarenakan dapat meningkatkan keterampilan menghias vas bunga dari anyaman bagi anak tunagrahita kelas VII di SLB Luak Nan Bungsu. Diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan proses menghias vas bunga dari anyaman menggunakan pendekatan Joyful Learning. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterampilan menghias vas bunga dari anyaman bagi anak tunagrahita. Kondisi awal nilai F 38%, pada siklus I terjadi peningkatan 55% dan siklus II meningkat menjadi 89%. Kondisi awal Z 44%, pada siklus I terjadi peningkatan 61% dan siklus II meningkat menjadi 94%. Kondisi awal N 41%, pada siklus I terjadi peningkatan 58% dan siklus II meningkat menjadi 92%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KETERAMPILAN VOKASIONAL, PENDEKATAN JOYFUL LEARNING, TUNAGRAHITA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 18 Jan 2022 01:42
Last Modified: 18 Jan 2022 01:42
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36241

Actions (login required)

View Item View Item