Efektivitas Teknik Alba untuk Mengurangi Pengucapan Omisi dalam Membaca Permulaan Pada Anak Disleksia.

Nisa, Khairun (2021) Efektivitas Teknik Alba untuk Mengurangi Pengucapan Omisi dalam Membaca Permulaan Pada Anak Disleksia. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_KHAIRUN_NISA_16003023_5110_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Membaca adalah salah satu keterampilan yang harus dimiliki setiap individu karena sebagian besar informasi yang ada dalam kehidupan sehari-hari berbentuk tulisan, sehingga memerlukan keterampilan membaca untuk memperoleh informasi tersebut. Ada beberapa anak yang mengalami kesulitan membaca atau disebut juga dengan istilah disleksia. Anak dengan disleksia sering ditemukan disekolah reguler, dan mereka memerlukan bimbingan dalam belajar membaca agar dapat mengurangi kesalahan membaca yang dilakukan oleh anak yang pada akhirnya bertujuan untuk meningkatkan keterampilan membaca. Bimbingan yang diberikan dapat berupa intervensi yang salah satunya yaitu penggunaan Teknik Alba. Oleh karena itu, peneliti ini bertujuan untuk mengurangi pengucapan omisi dalam membaca permulaan pada anak disleksia dengan menggunakan Teknik Alba. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR) dengan menggunakan desain A-B-A. Target behaviour dalam penelitian ini yaitu kemampuan mengurangi pengucapan omisi pada saat membaca dengan bentuk penilaian yang diberikan dalam bentuk presentase. Subjek penelitian ini adalah seorang laki-laki yang duduk dikelas III SDN 03 Kuamang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan alat pengumpulan data berupa instrument tes kemampuan membaca kata berpola kvkv-kv. Sedangkan analisis data menggunakan metode analisis visual yang meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa pada saat pemberian intervensi dengan menggunakan Teknik Alba untuk mengurangi pengucapan omisi dalam membaca permulaan yang dilakukan pada anak disleksia berkurang pada kelompok kata berpola kv-kv-kv. Pada analisis dalam kondisi dengan jumlah variabel dengan hasil analisis kecenderungan stabilitas pada kondisi A1=60%, B=30%, dan A2= 100%. Pada analisis antar kondisi berupa presentase overlape pada kondisi A1 dengan kondisi B seberar 0% dan pada kondisi A2 dengan kondisi B sebesar 0%. Maka dapat disimpulkan bahwa pemberian intervensi dengan menggunakan Teknik Alba efektif dalam mengurangi pengucapan omisi dalam membaca permulaan pada anak disleksia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: DISLEKSIA, PENGUCAPAN OMISI, KEMAMPUAM MEMBACA PEMULA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:58
Last Modified: 17 Jan 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36234

Actions (login required)

View Item View Item