Rancang Bangun Aplikasi Surat Keterangan Hasil Pengujian Elektronik Berbasis QR Code pada UPTD Metrologi Legal Kota Padang.

Harishandi, Harishandi (2022) Rancang Bangun Aplikasi Surat Keterangan Hasil Pengujian Elektronik Berbasis QR Code pada UPTD Metrologi Legal Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_5_HARISHANDI_16076057_1190_2022.pdf

Download (5kB) | Preview

Abstract

Aktifitas pada UPTD Metrologi Legal kota Padang cukup banyak yaitu :melakukan pembuatan Surat Keterangan Hasil Pengujian (SKHP), pengelolaan data SKHP. Kesalahan dalam membuat rekapan data secara offline sangatlah tidak efektif dan memakan waktu. Untuk itu diperlukan sebuah aplikasi web yang dapat mengelola Surat Keterangan Hasil pengujian (SKHP) secara efisien. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membangun aplikasi surat hasil pengujian elektronik berbasis QR code pada UPTD Metrologi Legal Kota Padang. Perancangan dalam aplikasi web ini menggunakan metode waterfall model, yaitu sebuah metode yang sangat struktural, dimana langkah-langkah dari metode ini adalah: proses perencanaan, analisa, desain, dan implementasi pada sistem. Arsitektur dalam rancang bangun aplikasi surat keterangan hasil pengujian elektronik berbasis QR code pada UPTD Metrologi Legal Kota Padang ini menggunakan arsitektur MVC (model,view,controller). Fitur utama dari aplikasi ini adalah: manajemen user, pengelolaan data master, pengelolaan data SKHP, pengeloaan sertifikat online, dan pengelolaan kritik dan saran. Sistem dibangun menggunakan bahasa pemograman PHP7, My SQL, html, css dan java script. Dengan melakukan uji coba mandiri terhadap sistem yang dikembangkan, maka didapatkan hasil bahwa aplikasi surat keterangan hasil pengujian ini informasi dapat mempermudah dalam melakukan pembuatan SKHP, pengelolaan data SKHP, pengelolaan sertifikat online, dan pengelolaan kritik saran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ELEKTRONIK, QR CODE, RANCANG BANGUN
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektronika - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 28 Sep 2022 06:47
Last Modified: 28 Sep 2022 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36231

Actions (login required)

View Item View Item