Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bukittinggi

Arianingsih, Fitri (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_3_FITRI_ARIANINGSIH_17004009_6147_2021.pdf

Download (344kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran aktivitas siswa masih rendah dan didominasi oleh guru, sehingga nilai siswa masih banyak yang dibawah KKM. Untuk menguji suatu teori dilaksanakanlah suatu penelitian tentang Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Kelas VIII di SMP Negeri 2 Bukittinggi. Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token Arends terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berbentuk Quasy Eksperiment. Populasi dari penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Bukittinggi yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah siswa 220 orang. Sampel diambil dengan teknik Purposive Sampling. Dengan demikian yang menjadi sampel penelitian adalah siswa kelas VIII.9 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.2 sebagai kelas kontrol, masing-masing berjumlah 15 orang. Pengumpulan data menggunakan tes objektif sebanyak 40 butir soal, alat pengumpulan data berupa lembar jawaban. Jenis data berupa data hasil belajar siswa dan sumber datanya adalah nilai siswa. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan t-test. Hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen yang menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token Arends 83,33 lebih tinggi dari nilai rata-rata kelas kontrol 78,16. Berdasarkan perhitungan uji t (t-test) diperoleh thitung 1,861 sedangkan ttabel pada taraf signifikan α = 0,05 adalah 1,706. Jika dibandingkan maka thitung lebih besar dari ttabel yaitu 1,861 > 1,706. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe Time Token Arends Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas VIII di SMP Negeri 2 Bukittinggi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:58
Last Modified: 17 Jan 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36225

Actions (login required)

View Item View Item