Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker terhadap Keliling dan Luas Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga serta Hubungan Pangkat dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD

Femalia, Dwi Helga (2021) Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Kvisoft Flipbook Maker terhadap Keliling dan Luas Persegi, Persegi Panjang dan Segitiga serta Hubungan Pangkat dengan Akar Pangkat Dua di Kelas IV SD. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_DWI_HELGA_FEMALIA_17129131_5848_2021.pdf

Download (315kB) | Preview

Abstract

Era revolusi 4.0 yang sejak kemunculannya pada abad 21 ini membawa dampak diberbagai aspek kehidupan khususnya dunia pendidikan. Dunia pendidikan dituntut untuk selalu dan senantiasa menyesuaikan perkembangan teknologi, terutama penyesuaian penggunaannya bagi dunia pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini menggunakan aplikasi Kvisoft Flipbook Maker pada mata pelajaran matematika kelas IV SD. Penelitian pengembangan media pembelajaran ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker terhadap keliling dan luas persegi, persegi panjang serta hubungan pangkat dua dengan akar pangkat dua di kelas IV SD yang valid dan praktis. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model 4-D. Proses penelitian 4-D ini terdiri dari empat tahapan pengembangan, yaitu: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Uji validitas media pembelajaran dilakukan oleh 3 orang validator yaitu validator media, materi dan bahasa. Uji praktikalitas dilakukan pada 1 orang guru kelas IV dan 26 Orang siswa kelas IV SDN 13 Surau Gadang. Hasil penelitian media yang dikembangkan menunjukkan bahwa: 1) Media pembelajaran berbasis aplikasi Kvisoft Flipbook Maker yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dengan rata-rata validasi media 89,14%, validasi materi 93,33% dan validasi bahasa 91,42%, 2) Hasil tingkat praktikalitas dinyatakan sangat praktis, hal ini terlihat dari hasil respon guru dan siswa dengan skor 93,75% dan 89,01% , 3) Hasil tahap penyebaran dengan skor 88,98%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar - S1
Depositing User: Arlianis
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:58
Last Modified: 17 Jan 2022 07:58
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36224

Actions (login required)

View Item View Item