Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari Pasambahan Kreasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas XI SMALB DI SLB Negeri 2 Padang.

Sirait, Imelda Kristinafany (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Seni Tari Pasambahan Kreasi Bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas XI SMALB DI SLB Negeri 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_IMELDA_KRISTINAFANY_SIRAIT_17003089_4952_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mendeskripsikan pelaksanaan pembelajran seni tari pasambahan kreasi bagi anak tunagrahita ringan kelas XI SMALB di SLB Negeri 2 Padang. Sebagaimana diketahui bahwa anak tunagrahita ringan mengalami keterbatasan dalam akademik untuk itu tidak menutup kemungkinan mereka mampu pada bidang keterampilan.Oleh karena itu, fokus masalah dalam penelitian ini adalah untuk melihat kondisi faktual pelaksanaan pembelajaran seni tari pasambahan kreasi, kendala serta solusi guru dalam melaksanakan pembelajaran seni tari pasambahan kreasi bagi anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian pendekatan kualitatif, dengan tujuan untuk menghasilkan informasi mengenai pelaksanaan pembelajaran seni tari pasambahan kreasi bagi anak tunagrahita ringan yang didapatkan melalui wawancara, catatan lapangan, gambar serta rekaman video dan lain-lain. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juni 2021 dan memakan waktu kurang lebih selama dua bulan dengan subjek penelitian yaitu guru seni budaya dan anak tunagrahita ringan di SLB Negeri 2 Padang. Hasil penelitian didapatkan yaitu pelaksanaan pembelajaran seni tari pasambahan kreasi dilaksanakan 5 kali dalam seminggu. Bentuk perencanaan pembelajaran mempunyai kurikulum, silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Pelaksanaan pembelajaran mempunyai strategi dan pendekatan secara langsung yaitu guru menyampaikan materi secara verbal kepada anak dengan menggunakan metode demonstrasi yaitu menyajikan materi tari pasambahan kepada anak tahap demi tahap dan melakukan evaluasi pembelajaran secara langsung dan melalui tes tertulis. Sekolah pun memberikan dukungan sebagai bentuk apresiasi terhadap pembelajaran seni tari pasambahan dengan menyediakan sarana dan prasarana di sekolah demi menunjang keberhasilan pembelajaran seni tari pasambahan kreasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: TUNAGRAHITA RINGAN, PEMBELAJARAN, SENI TARI
Subjects: L Education > L Education (General)
N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:57
Last Modified: 17 Jan 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36220

Actions (login required)

View Item View Item