Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Es Kelapa Muda bagi Anak Tunarungu . ( Pre Eksperimental Desaign Kelas VII di SLB 1 Painan).

Fitri, Fauziatul (2021) Efektivitas Media Video Tutorial dalam Meningkatkan Keterampilan Vokasional Membuat Es Kelapa Muda bagi Anak Tunarungu . ( Pre Eksperimental Desaign Kelas VII di SLB 1 Painan). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_2_FAUZIATUL FITRI_16003017_3457_2021.pdf

Download (73kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB N 1 Painan, Terdapat lima orang siswa tunarungu kelas VIIyang sudah diarahkan pada pembelajaran keterampilan. Keterampilan vokasional belum berjalan maksimal karena belum adanya guru khusus keterampilan keterampilan disekolah tidak ada membuat minuman, biasanya hanya membuat makanan. Kemudian saat pembelajaran guru lebih mengutamakan metode ceramah dan pembagian tugas berbeda kepda masing – masing anak. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre- Eksprimen desain one group pretest dan posttest. Tjuannya adalah untuk membuktikan media video tutorial efektif digunakan dalam meningkatkan kterampilan membuat es kelapa muda. Teknik pengambilan sampel penelitian ini yaitu teknik samling jenuh. Teknik pengumpulan data adalah tes perbuatan yang dilakukan saat pretes untuk mengetahui kemampuan awal anak dalam membuat es kelapa muda, selanjutnya diberi treatmen dengan video tutorial, dan selanjutnya diberikan posttest. Alat pengumpulan data berupa instrumen penelitian yang dikembangkan berdasarkan task analiysis. Hasil pretest dan posttest diolah dan dibandingkan dengan uji Wilcoxon Sign Rank Test. Yaitu penelitian data yang diperoleh rata – rata pada saat pretest yaitu 59,20 sedangkan untuk posttest yaitu 54,40 . Data yang diolah lebih ilmiah menggunakan uji wilcoxon diperoleh nilai rank tast antara pretest dan postest 405 dengan Asymp. Sign ( 2 tailed) 686. Probalitas yang telah ditetapkan a.= 0.05. Hipotesisi alternatif diterima karena probalitas < dari probalitas yang telah ditetapkan yakni 0,039 < 0.05.Dapat disimpulkan , terbukti bahwa penggunaan media video tutorial efektif dalam meningkatkan keterampilan vokasional membuat es kelapa muda pada anak tunarungu kelas VII di SLB 1 Painan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: MEDIA PEMBELAJARAN, VIDEO TUTORIAL, SISWA TUNARUNGU
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:57
Last Modified: 17 Jan 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36219

Actions (login required)

View Item View Item