Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 5 Padang Berdasarkan Kriteria Kemampuan Pemahaman Konsep

Vionita, Fadilla (2021) Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik Kelas X IPA SMAN 5 Padang Berdasarkan Kriteria Kemampuan Pemahaman Konsep. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_FADILLA_VIONITA_14029108_2813_2021.pdf

Download (735kB) | Preview

Abstract

Analisis kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik merupakan salah satu hal yang penting dilakukan untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam memahami materi. Berdasarkan data di lapangan, peserta didik di kelas X SMAN 5 Padang memiliki hasil belajar yang masih rendah. Ini ditunjukkan dari banyaknya peserta didik melakukan kesalahan pada indikator kemampuan pemahaman konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas X IPA SMAN 5 Padang dalam materi aturan sinus dan cosinus, faktor penyebab rendahnya, dan cara mengatasinya. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA SMAN 5 Padang tahun pelajaran 2018/2019. Ada 36 peserta didik yang mengikuti tes uraian dan 14 peserta didik yang diwawancarai. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa observasi, tes, dan wawancara. Data dianalisis berdasarkan teknik analisis kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata kemampuan pemahaman konsep matematis pada indikator 1 yaitu 0,36 dengan kriteria sangat rendah, indikator 2 yaitu 0,62 dengan kriteria sedang, indikator 3 yaitu 0,37 dengan kriteria sangat rendah, indikator 4 dan 5 yaitu 0,4 dengan kriteria rendah. Faktor penyebab rendahnya kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik antara lain tidak memahami pertanyaan dari soal, tidak mampu mengaitkan konsep, menganggap matematika adalah mata pelajaran yang sulit, dan tidak paham materi aturan sinus dan cosinus. Adapun cara mengatasinya adalah peserta didik harus lebih teliti dan berkonsentrasi dalam membaca soal serta perlunya pengulangan dalam membaca soal, lebih banyak berlatih soal-soal dalam bentuk serupa dengan variasi yang berbeda-beda, memberikan motivasi agar peserta didik lebih semangat dalam belajar, dan peserta didik dilibatkan langsung secara aktif dalam menentukan rumus-rumus aturan sinus dan cosinus

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:57
Last Modified: 17 Jan 2022 07:57
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36218

Actions (login required)

View Item View Item