Desain LKPD Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fisika Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Kelas XI SMA

Susanti, Elvira (2021) Desain LKPD Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Fisika Elastisitas dan Hukum Hooke untuk Kelas XI SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_ELVIRA_SUSANTI_14033065_3953_2021.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan, kemandirian, kreativitas dalam belajar untuk meningkatkan potensi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kelayakan dari LKPD model Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik pada materi elastisitas dan hukum hooke. Peningkatan keaktifan, kemandirian, kreativitas, dan potensi siswa dapat dilihat ketika pelaksanaan praktikum dilaksanakan. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model ADDIE. Subjek yang terlibat terdiri dari ahli validasi (ahli materi dan ahli media), pendidik mata pelajaran fisika dan peserta didik kelas XI SMA. Ahli validasi memberikan penilaian untuk kelayakan dari materi dan media/ desain, sedangkan pendidik dan peserta didik memberikan penilaian terhadap kemenarikan dari desain LKPD model Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik pada materi elastisitas dan hukum hooke yang dikembangkan oleh peneliti. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pertama, berdasarkan kelayakan LKPD oleh validator ahli materi sebesar 84,4 % dengan kriteria interpretasi sangat layak dan oleh validator ahli media sebesar 89 ,5 8 % dengan kriteria interpretasi sangat layak. Kedua, tanggapan dari pendidik didapat persentase sebesar 81 % dengan kriteria interpretasi sangat layak dan dari peserta didik didapatkan presentase sebesar 82,06 %. Desain LKPD model Cooperative Learning tipe Jigsaw dengan Pendekatan Saintifik pada materi elastisitas dan hukum dinyatakan sangat layak dan mendapatkan respon positif untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2022 07:56
Last Modified: 17 Jan 2022 07:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36214

Actions (login required)

View Item View Item