Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Strategi Konflik Kognitif untuk Meminimalisasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas X SMK SMAK Padang

Wityanita, Wityanita (2018) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Fisika Berbasis Strategi Konflik Kognitif untuk Meminimalisasi Miskonsepsi Peserta Didik Kelas X SMK SMAK Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_WITYANITA_16175036_47_2019.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil studi pendahuluan pada peserta didik kelas X SMK SMAK Padang, masih ditemukan peserta didik yang mengalami miskonsepsi dalam pelajaran fisika yaitu pada materi listrik dinamis. Salah satu faktor penyebabnya adalah belum tersedianya bahan ajar yang dapat mendukung peningkatan kemampuan pemahaman konsep fisika. Untuk itu perlu dikembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik dalam pembelajaran fisika, yaitu dapat mendukung aktivitas peserta didik serta membantu peserta didik untuk membangun dan mengembangkan pengetahuannya dalam menemukan sendiri konsep yang ilmiah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan proses pengembangan dan untuk menghasilkan LKPD fisika berbasis strategi konflik kognitif yang valid, praktis dan efektif dalam meminimalisasi miskonsepsi peserta didik di kelas X SMK SMAK Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari preliminary research phase, development atau prototyping phase, dan assessment phase. Uji coba dilakukan di SM K SMAK Padang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah lembar validasi, lembar praktikalitas dan lembar efektifitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase untuk analisis preliminary research, dan praktikalitas, serta rumus Aikens,V ubtuk validitas. Uji efektifitas miskonsepsi sebelumnya digunakan deskriptif persentase. Berdasarkan pengembangan LKPD berbasis strategi konflik kognitif yang telah dilaksanakan diperoleh rata-rata hasil uji validitas sebesar 0,91. Hasil uji praktikalitas berdasarkan angket respon guru diperoleh nilai rata-rata sebesar 88,5%serta berdasarkan angket respon peserta didik diperoleh nilai rata-rata sebesar 92,3%. Hasil uji efektivitas diperoleh nilai gain score yaitu sebesar 0,6 berada pada kategori sedang yang berarti LKPD berbasis strategi konflik kognitif efektif untuk meminimalisasi miskonsepsi peserta didik. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis strategi konflik kognitif untuk meminimalisasi miskonsepsi peserta didik kelas X SMK SMAK padang yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Kata Kunci: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Miskonsepsi, Strategi Konflik kognitif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:01
Last Modified: 17 Jan 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36209

Actions (login required)

View Item View Item