Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs

Mentari, Winda Nur (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik Kelas VIII MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_WINDA_NUR_MENTARI_17205076_3992_2019.pdf

Download (130kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan studi literatur dan analisis pendahuluan yang dilakukan di sekolah MTsN 3 Tanah Datar Padang bahwa kemampuan representasi matematis dan keterlibatan peserta didik masih rendah. Rendahnya kemampuan representasi matematis peserta didik disebabkan oleh (1) Kurangnya sumber belajar, (2) Kegiatan pada RPP kurang melihatkan kegiatan yang mengarahkan peserta didik untuk aktif dan dapat menemukan sendiri konsep matematika yang dipelajari. Berdasarkan permasalahan ini maka peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang dilaksanakan dengan model pengembangan Plomp. Model pengembangan Plomp terdiri atas tiga tahap, yaitu preliminary investigation, prototyping stage, dan assessment phase. Pada tahap preliminary investigation dilaksanakan analisis kebutuhan, analisis kurikulum, analisis konsep dan analisis karakteristik peserta didik. Pada tahap prototyping stage dilaksanakan evaluasi formatif yang terdiri atas self-evaluation, expert review, one-to-one evaluation, small group, dan field test. Perangkat yang dikembangkan adalah RPP dan LKPD berbasis CTL. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII MTsN 3 Tanah Datar. Data dikumpulkan dengan dokumentasi, observasi, wawancara, angket, dan tes. Data dari hasil observasi, angket dan tes dianalisis secara kuantitatif yang diperkuat dengan hasil dokumentasi yang dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian berdasarkan data yang diperoleh menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berupa RPP dan LKPD matematika berbasis CTL untuk kelas VIII MTsN semester II yang dihasilkan memenuhi kategori valid, praktis dan efektif. Valid dari aspek isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikaan. Praktis dari segi keterlaksanaan, waktu, kemudahan dalam pengunaan dan efektif dari segi dampak potensialnya terhadap kemampuan representasi matematis dan keterlibatan peserta didik peserta didik. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika layak untuk dijadikan bahan rujukan dalam pembelajaran matematika khususnya materi bangun ruang sisi datar kelas VIII MTsN.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:01
Last Modified: 17 Jan 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36208

Actions (login required)

View Item View Item