Pengembangan Penuntun Praktikum Ekologi Hewan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mahasiswa

Asti, Trisna Putri (2019) Pengembangan Penuntun Praktikum Ekologi Hewan Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Mahasiswa. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_TRISNA_PUTRI_ASTI_16177036_1394_2019.pdf

Download (119kB) | Preview

Abstract

Setiap perguruan tinggi harus memiliki capaian pembelajaran (learning outcomes). Capaian pembelajaran merupakan rumusan tujuan pembelajaran yang hendak dicapai dan harus dimiliki oleh semua lulusan. Capaian pembelajaran di perguruan tinggi diatur menurut Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Setiap perguruan tinggi berusaha mewujudkan lulusan S1 yang sesuai dengan kualifikasi KKNI melalui berbagai strategi. Salah satu strategi perguruan tinggi adalah berusaha menciptakan pembelajaran yang bermakna disetiap perkuliahan, misalnya pada mata kuliah ekologi hewan. Pembelajaran yang bermakna pada perkuliahan ekologi hewan dapat diperoleh melaluipenerapan pendekatan CTL. Perkuliahan ekologi hewan dilakukan dalam bentuk tatap muka di kelas dan praktikum di laboratorium. Praktikum tidak bisa dilepaskan dari keberadaan penuntun praktikum. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa penuntun praktikum yang digunakan belum menerapkan keseluruhan komponen CTL. Oleh sebab itu, perlu dilakukan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan penuntun praktikum berbasis CTL. Penelitian pengembangan (research and development) ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari tahap investigasi awal (preliminary research), pengembangan atau pembuatan prototipe (development or prototyping phase) dan penilaian (assessment phase). Subjek penelitian ini adalah 31 orang mahasiswa pendidikan biologi 2015 kelas Adan dosen STKIP PGRI Sumatera Barat. Data penelitian diperoleh melalui pemberian instrumen uji validitas, praktikalitas dan efektivitas. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, telah dihasilkan penuntun praktikum ekologi hewan yangsangat valid, sangat praktis dan sangat efektif.Kevalidan dilihat dari syarat didaktik, konstruksi dan teknis. Kepraktisan dilihat dari aspek kemudaan penggunaan, kebermanfaatan dan waktu. Keefektivan dilihat dari kompetensi belajar mahasiswa dalam aspek kognitif, afektif dan psikomotor.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:01
Last Modified: 17 Jan 2022 02:01
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36206

Actions (login required)

View Item View Item