Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Universitas Negeri Padang untuk Berinvestasi di Pasar Modal Menggunakan Analisis Faktor

Rahmadi, Fahrul (2021) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Universitas Negeri Padang untuk Berinvestasi di Pasar Modal Menggunakan Analisis Faktor. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_10_FAHRUL_RAHMADI_18037019_3955_2021.pdf

Download (737kB) | Preview

Abstract

Jumlah investor pasar modal di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat berarti, dimana mengindikasikan terjadi peningkatan minat masyarakat Indonesia untuk berinvestasi di pasar modal. Peningkatan minat berinvestasi di pasar modal mulai merambah ke kalangan mahasiswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNP), dapat diketahui bahwa mahasiswa UNP juga turut melakukan investasi di pasar modal dan mendapatkan keuntungan dari investasi yang dilakukan. Namun juga terdapat beberapa mahasiswa yang terkendala untuk melanjutkan investasi tersebut. Adapun beberapa faktor yang diduga mempengaruhi mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal, diantaranya adalah faktor penghasilan, risiko, return, manfaat, motivasi, dan penghasilan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model faktor dan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa UNP dalam berinvestasi di pasar modal. Jenis penelitian ini adalah penelitian terapan. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa UNP yang berinvestasi di pasar modal dan aktif pada semester Januari-Juni 2021. Sampel penelitian ini berjumlah 130 responden yang dipilih menggunakan teknik snowball sampling. Variabel yang digunakan adalah variabel tingkat penghasilan (XI), tingkat risiko investasi (X2), tingkat return investasi (X3), manfaat investasi (X4), motivasi investasi (XS), dan pengetahuan investasi (X6). Berdasarkan hasil penelitian ini, diperoleh dua faktor yang mempengaruhi mahasiswa UNP dalam berinvestasi di pasar modal, yaitu Faktor Situasional yang dicirikan oleh variabel tingkat penghasilan, tingkat risiko investasi, tingkat return investasi, manfaat investasi, dan Faktor Psikologis yang dicirikan oleh variabel motivasi investasi dan pengetahuan investasi. Model yang diperoleh dari hasil analisis faktor adalah sebagai berikut: X1 = 2,951 + 0,554F1 + 0,213F2 X2 = 2,813 + 0,695F1 - 0,032F2 X3 = 3,214 + 0,786F1 + 0,133F2 X4 = 3,292 + 0,579F1 + 0,274F2 X5 = 2,911 + 0,078F1 + 0,825F2 X6 = 2,912 + 0,212F1 + 0,720F2 KataKunci: Investasi, Pasar Modal, Analisis Faktor, Snowball Sampling.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Statistika - D3
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:00
Last Modified: 17 Jan 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36200

Actions (login required)

View Item View Item