Pengaruh Media Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Aplikasi Android Berbasis Chemistry Triangle Terhadap Hasil Belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS)Siswa Kelas XI SMA Kota Padang

Husna, Thariqul (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Asam Basa Menggunakan Aplikasi Android Berbasis Chemistry Triangle Terhadap Hasil Belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS)Siswa Kelas XI SMA Kota Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_THARIQUL_HUSNA_17176016_2464_2019.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran asam basa menggunakan aplikasi Android berbasis Chemistry Triangle terhadap hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills (HOTS) pada sekolah level tinggi, sedang dan rendah di SMA Negeri Kota Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan desain penelitian Non-equivalent Pretest-Posttest Controls Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN Kota Padang tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling sehingga diperoleh tiga sekolah sampel yang mewakili sekolah level tinggi, sedang dan rendah. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji-t, anova dua arah dan Pearson Product Moment. Hasil uji-t terhadap hipotesis data hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills menunjukkan bahwa hasil belajar dan Higher Order Thinking Skills siswa kelas eksperimen lebih tinggi secara signifikan dibandingkan kelas kontrol baik pada sekolah level tinggi, sedang maupun rendah. Hasil hipotesis menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,78 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,68 dengan kategori sedang, sedangkan peningkatan Higher Order Thinking Skills pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai N-Gain sebesar 0,76 dengan kategori tinggi dan kelas kontrol sebesar 0,67 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 17 Jan 2022 02:00
Last Modified: 17 Jan 2022 02:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36198

Actions (login required)

View Item View Item