Pengembangan Buku Siswa IPA Terpadu SMP Tipe Webbed dengan Tema Suhu dan Kelangsungan Makhluk Hidup Terintegrasi Potensi Lokal

Prayuda, Riko Romas (2019) Pengembangan Buku Siswa IPA Terpadu SMP Tipe Webbed dengan Tema Suhu dan Kelangsungan Makhluk Hidup Terintegrasi Potensi Lokal. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_RIKO_ROMAS_PRAYUDA_16175049_2019.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Kurikulum di Indonesia sekarang ini menggunakan Kurikulum 2013. IPA pada kurikulum 2013 disajikan secara terpadu dan pembelajaran terpusat pada siswa. Ini bertujuan untuk membuat pembelajaran IPA lebih berkesan dan tujuan pembelajaran bisa dicapai. Faktanya, hasil pembelajaran IPA di sekolah masih rendah. Berdasarkan analisis didapatkan fakta bahwa bahan ajar tidak disajikan dalam bentuk terpadu dengan tema dan juga bahan ajar tidak membuat pembelajaran menjadi berkesan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah buku IPA terpadu SMP tipe Webbed dengan tema suhu dan kelangsungan makhluk hidup terintegrasi potensi lokal yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan menggunakan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari 3 fase yaitu 1)preliminary research (tahap pendahuluan); 2) prototyping phase (tahap perancangan); 3) assessment phase (tahap penilaian). Ujicoba dilakukan di SMP Negeri 11 Sungai Penuh. Instrumen analisis pada tahap pendahuluan adalah lembar observasi, kuisoner dan wawancara. Instrumen penilaian buku teks adalah lembar validasi, lembar praktikalitas, lembar obeservasi sikap dan keterampilan yang dianalisis menggunakan deskripsi persentase. Tes essay digunakan untuk melihat hasil belajar siswa dan dianalisis menggunakan N-Gain dan Cohen’s d effect size Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan buku IPA terpadu memnuhi kriteria valid dengan nilai validitas 0,83 dari ahli dan 0,82 dari praktisi. Buku IPA Terpadu yang dikembangkan praktis digunakan dengan nilai nilai praktikalitas 78,70 dari peserta didik dan 76,25 dari guru. Nilai N�Gain dari kelas ekperimen adalah 95,83% berada pada kategori tinggi dan sedang. Buku IPA Terpadu mempunyai pengaruh 84% terhadap hasil belajar peserta didik. Jadi, buku IPA terpadu tipe webbed dengan tema suhu dan kelangsungan makhluk hidup terintegrasi potensi lokal efektif digunakan untuk mencapai kompetensi yang ingin dicapai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:22
Last Modified: 14 Jan 2022 02:22
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36188

Actions (login required)

View Item View Item