Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education(RME) dan Mind Mapping terhadap Kognitivitas Matematis Siswa di Kelas V SDN 01 Benteng

Ilmi, Rahmatul (2019) Pengaruh Penerapan Pendekatan Realistic Mathematic Education(RME) dan Mind Mapping terhadap Kognitivitas Matematis Siswa di Kelas V SDN 01 Benteng. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_RAHMATUL_ILMI_17124050_4048_2019.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penguasaan konsep abtraksi yang belum tampak pada siswa di pembelajaran matematika menyebabkan siswa belum sampai pada tingkat pemahaman yang tinggi. Maka dari itu, kemampuan matematika awal penting untuk pengembangan dalam pembelajaran matematika selanjutnya. Kecerdasan dan faktor kognitif lainnya biasanya menjelaskan tidak lebih dari setengah variabilitas dalam variasi matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penerapan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) dan metode mind mapping untuk meningktkan kognitivitas matematis siswa di kelas V sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen expo facto dengan pendekatan korelasi dan regresi sederhana. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 01 Benteng Kota Bukittinggi Tahun Ajaran 2018/2019. Data penelitian yang dikumpulkan dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan persentase, korelasi Product Moment, regresi sederhana, dan uji tukey. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif yang sangat signifikan antara penerapan pendekatan RME dengan kognitivitas matematis koefesien korelasi sebesar 0,674 dengan koefesien determinasi 45,46%. Sedangkan hubungan positif mind mapping terhadap kognitivitas menunjukkan koefesien korelasi sebesar 0,544 dengan koefesien determinasi 29,59% yang menunjukkan kemampuan kognitivitas siswa akan lebih tinggi menggunakan RME daripada mind mapping. Secara praktis, penelitian ini memungkinkan intervensi yang efesien menghasilkan kognisi matematis yang tinggi dan prestasi siswa dalam prestasi belajarnya

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:21
Last Modified: 14 Jan 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36182

Actions (login required)

View Item View Item