Persepsi Guru terhadap Proses Supervisi oleh Kepala Sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Ulugawo.

Zai, Wince Indriani (2021) Persepsi Guru terhadap Proses Supervisi oleh Kepala Sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Ulugawo. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_WINCE_INDRIANI_ZAI_17002171_6165_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini terkesan kurang efektifnya proses supervisi oleh kepala sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Ulugawo. Rumusan penelitian ini adalah bagaimana persepsi guru terhadap terhadap pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh data dan informasi mengenai persepsi guru terhadap proses supervisi oleh kepala sekolah dilihat dari pelaksanaan, evaluasi dan tindak lanjut. Penelitian ini adalah jenis deskriptif dengan popolasi penelitian seluruh guru yang ada di SD Negeri se-Kecamatan Ulugawo yang berjumlah 52 orang dan penelitian ini adalah penelitian populasi. Instrumen yang digunakan adalah angket dengan model skala likert yang sudah teruji validitas dan reabilitasnya. Berdasarkan hasil uji validitas terhadap 10 orang guru diperoleh hasil perhitungan untuk 35 item pernyataan yang diberikan yakni 33 item pernyataan > r tabel dinyatakan valid dan 2 item pernyataan < r tabel dinyatakan tidak valid. Dari hasil penelitian diperoleh 1) Pelaksanan supervisi yang dilakukan oleh kepala sekolah kepada guru di SD Negeri se-Kecamatan Ulugawo sudah pada kategori baik dengan skor rata-rata 3,7. Hal ini berarti bahwa masih diperlukan perbaikan lagi dalam hal pelaksanaan supervise agar pelaksanaan supervisi menjadi lebih baik/sangat baik. 2) Evaluasi yang dilakukan kepala sekolah dalam proses supervisi kepada guru di SD Negeri se-Kecamatan Ulugawosudah pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,01. Hal ini berarti bahwa masih diperlukan perbaikan lagi dalam hal evaluasi agar pelaksanaan supervisi menjadi lebih baik/sangat baik. 3) Tindak lanjut yang dilakukan kepala sekolah dalam proses supervisi kepada guru di SD Negeri se-Kecamatan Ulugawo pada kategori cukup baik dengan skor rata-rata 3,4. Hal ini berarti bahwa masih diperlukan perbaikan lagi dalam hal tindak lanjut agar pelaksanaan supervisi menjadi lebih baik/sangat baik. 4) Secara umum persepsi guru terhadap proses supervisi oleh Kepala Sekolah SD Negeri se-Kecamatan Ulugawo berada pada skor rata-rata 4,3 dengan kategori cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: SUPERVISI, KEPALA SEKOLAH
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 14 Jan 2022 02:21
Last Modified: 14 Jan 2022 02:21
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36181

Actions (login required)

View Item View Item