Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs

Yola, Nike Marta (2018) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Creative Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan masalah Peserta Didik Kelas VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_NIKE_MARTA_YOLA_16205030_5841_2019.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Pemecahan masalah merupakan kemampuan yang sangat penting dimiliki oleh peserta didik dalam pembelajaran matematika. Kenyataannya kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah. Kemampuan pemecahan masalah perlu ditingkatkan agar peserta didik mampu menghadapi perubahan di dunia yang selalu berkembang. Peserta didik harus mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan kemampuannya dalam pemecahan masalah. Salah satu upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik adalah mengembangkan perangkat pembelajaran berbasis model CPS. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) matematika kelas VIII SMP/MTs. Tujuan dari upaya pengembangan ini adalah menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model CPS yang valid, praktis dan efektif. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu preliminary, prototyping dan assessment. Subjek penelitian adalah peserta didik di SMP Babussalam Pekanbaru. Validasi dilakukan oleh pakar pendidikan matematika, teknologi pendidikan dan bahasa indonesia. Kepraktisan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket peserta didik dan guru. Keefektifan dilihat dari hasil kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Hasil analisis data hasil validasi menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis model CPS yang dihasilkan telah memenuhi kriteria valid. Perangkat pembelajaran sudah praktis. Perangkat pembelajaran juga telah efektif karena dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model CPS kelas VIII Semester I yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:36
Last Modified: 13 Jan 2022 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36170

Actions (login required)

View Item View Item