Persepsi Guru tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat.

Afrianti, Sonia (2021) Persepsi Guru tentang Kompetensi Kewirausahaan Kepala Sekolah di SMK Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SONIA_AFRIANTI_17002104_4508_2021.pdf

Download (6kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari kurang maksimalnya kompetensi kewirausaahaan kepala sekolah di SMK Negeri 1 Pasaman Kabupaten Pasaman Barat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana keterlaksanaan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah ditinjau dari menciptakan inovasi, bekerja keras, memiliki motivasi yang kuat, pantang menyerah, dan memiliki naluri kewirausahaan. Pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana keterlaksanaan kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dari menciptakan inovasi, bekerja keras, memiliki motivasi, pantang menyerah dan memiliki naluri kewirausahaan. Penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif. Seluruh populasi dijadikan sampel penelitian yaitu guru di SMK Negeri 1 Pasaman yang berjumlah 50 orang. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner dalam bentuk Skala Likert. Kuesioner sudah diuji coba untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya dengan menggunakan bantuan program aplikasi SPSS versi 23.0. Uji Validitas menggunakan validitas linier dengan uji validitas isi diketahui bahwa ada pernyataan dalam kuesioner dinyatakan gugur karena rhitung < rtabel didapatkan hasil dari 40 item yang diuji terdapat 37 item yang valid dan 3 item dinyatakan tidak valid, dan uji reliabilitasnya menggunakan teknik Alpha Cronbach dengan hasil rhitung = 0,965 sedangkan rtabel dengan taraf kepercayaan 95% dengan N=20 adalah 0,444. Selanjutnya data yang sudah terkumpul lalu diolah dengan mencari skor rata-rata (Mean). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru tentang kompetensi kewirausahaan kepala sekolah dilihat dari aspek 1) menciptakan inovasi yang berguna bagi pengembangan sekolah berada pada kategori sesuai dengan skor 4,33, 2) bekerja keras demi mencapai keberhasilan sekolah sebagai organisasi pembelajaran yang efektif berada pada kategori baik dengan skor 4,08, 3) memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin di sekolah berada pada kategori baik dengan skor 4,19, 4) pantang menyerah dan selalu memberikan solusi terbaik terhadap kendala yang dihadapi sekolah berada pada kategori baik dengan skor 4,28, dan 5) memiliki naluri kewirausahaan dalam mengelola kegiatan sebagai sumber belajar bagi peserta didik berada pada kategori baik dengan skor 4,26. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian ini dapat dikategorikan baik dengan memperoleh skor rata-rata 4, 22.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: KEWIRAUSAHAAN, KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HZ Management
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Administrasi Pendidikan - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:36
Last Modified: 13 Jan 2022 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36169

Actions (login required)

View Item View Item