Masalah (PBM) dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di MTSN Kelas VIII

Rahmi, Neilur (2019) Masalah (PBM) dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik di MTSN Kelas VIII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_NEILUR_RAHMI_17205025_3984_2019.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik masih rendah, penyebabnya yaitu perangkat pembelajaran yang dirancang oleh guru belum mendukung terbentuknya kemampuan tersebut. Melalui pengembangan perangkat ini, diharapkan kemampuan peserta didik dalam memecahkan masalah matematis dapat meningkat. Tujuan penelitian yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Metode penelitian yaitu penelitian pengembangan dengan model Plomp yang terdiri dari tiga fase yaitu fase investigasi awal, pengembangan atau pembuatan prototipe, dan fase penilaian. Fase investigasi awal dilakukan analisis berupa analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis kurikulum dan analisis konsep. Pada fase pengembangan atau pembuatan prototipe dilakukan perancangan produk yaitu RPP dan LKPD berbasis PBM dengan Pendekatan Saintifik untuk Kelas VIII MTs Semester II. Pada Fase penilaian dilakukan uji praktikalitas dan uji efektivitas secara terbatas. Data praktikalitas diperoleh dari lembar keterlaksanaan RPP, wawancara guru dan peserta didik, angket praktikalitas peserta didik dan guru. Data efektivitas diperoleh dari hasil tes akhir berupa tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Perangkat pembelajaran (RPP dan LKPD) yang dikembangkan peneliti memiliki rata-rata gabungan sebesar 3,58 dari hasil validasi oleh para ahli dengan kategori sangat valid. (2) Rata-rata respon peserta didik dan guru terhadap perangkat pembelajaran berbasis PBM secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata persentase sebesar 78,59% dan termasuk dalam kriteria respon baik atau praktis. (3) dari hasil belajar peserta didik diperoleh nilai sig.(2-tailed) 0.014 kecil dari nilai (0.05) sehingga ditolak dan diterima. Kesimpulan yang diperoleh bahwa perangkat pembelajaran model PBM dengan Pendekatan Saintifik yang telah dikembangkan sudah memenuhi kriteria efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah maetamatis peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:36
Last Modified: 13 Jan 2022 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36168

Actions (login required)

View Item View Item