Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X

Jannah, Miftahul (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika berbasis Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas X. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_MIFTAHUL_JANNAH_17205022_4525_2019.pdf

Download (100kB) | Preview

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik perangkat pembelajaran berbasis model Problem Based Learning (PBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik kelas X SMA. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Perangkat pembelajaran ini menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap, yaitu preliminary research, development or prototyping phase dan assessment phase. Subjek penelitian ini adalah 33 peserta didik kelas X MIPA3 SMAN 1 Batang Kapas. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, angket respon guru dan peserta didik dan tes hasil belajar matematika. Perangkat pembelajaran dikatakan valid jika memenuhi validitas isi dan konstruk. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi yang memuat aspek penyajian, kelayakan isi dan materi, tampilan dan bahasa. Kepraktisan dilihat dari kemudahan dalam menggunakan perangkat. Keefektifan dikatakan kategori baik apabila berada pada interval besar dari 66%. Pada penelitian ini diperoleh perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif. Perangkat pembelajaran valid dengan hasil 0,86 untuk RPP dan 0,80 untuk LKPD dengan kategori valid. Kepraktisan diperoleh berdasarkan angket respon guru dan peserta didik. Hasil angket untuk respon guru diperoleh nilai pratikalitas 87,2 % dengan kategori sangat praktis. Sedangkan untuk angket peserta didik diperoleh nilai pratikalitas 80% dengan kategori praktis. Keefektifan mencapai kategori efektif ditinjau dari hasil belajar matematika dengan tes yang memuat indikator pemecahan masalah. Dari hasil tes diperoleh bahwa peserta didik yang tuntas pada tes yaitu 75,76 %. Berdasarkan persentase ketuntasan maka kategori efektif berada pada kategori baik. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran matematika berbasis model PBL kelas X SMA yang telah dihasilkan dapat dinyatakan valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 13 Jan 2022 07:36
Last Modified: 13 Jan 2022 07:36
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36164

Actions (login required)

View Item View Item