Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Payakumbuh

Violla, Rahma (2021) Pengembangan Media Pembelajaran E-Booklet untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI SMAN 2 Payakumbuh. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_RAHMA_VIOLLA_17058121_4896_2021.pdf

Download (193kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan suatu produk media pembelajaran Booklet berbasis online untuk melengkapi dan menambah sumber belajar siswa. E-Booklet yang dikembangkan mengandung materi secara ringkas dan disusun dengan menggunakan bahasa sederhana sehingga lebih memudahkan siswa untuk memahami pembelajaran. Adapun materi yang dipilih dalam penelitian ini mengenai Konflik, Kekerasan dan Perdamaian. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2020/2021 pada kelas XI IPS 1 SMAN 2 Payakumbuh. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 76% skor tanggapan ahli materi dengan kategori Layak, 97% tanggapan ahli media dengan kategori Sangat Layak digunakan sebagai media pembelajaran serta Peningkatan hasil belajar peserta didik setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran E-Booklet, ditunjukkan pada hasil skor Post test dengan rata-rata 95,83, yang mana sebelumnya mengalami peningkatan dari hasil post test dengan rata-rata 75. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran E-Booklet mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sosiologi dengan materi konflik, kekerasan dan perdamaian kelas XI SMA.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: E-BOOKLET
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi- Antropologi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:34
Last Modified: 11 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36150

Actions (login required)

View Item View Item