Strategi Capacity Building dalam meningkatkan Kemampuan Aparatur Pemerintahan Nagari di Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara dan Selatan Kabupaten Pasaman

Silalahi, Novi Andzo (2021) Strategi Capacity Building dalam meningkatkan Kemampuan Aparatur Pemerintahan Nagari di Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara dan Selatan Kabupaten Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_NOVI_ANDZO_SILALAHI_1704203_4095_23021.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan Strategi Capacity Building dalam meningkatkan kemampuan aparatur pemerintahan nagari di Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara dan Selatan Kabupaten Pasaman, untuk mengidentifikasi faktor penghambat Strategi Capacity Building dalam meningkatkan kemampuan aparatur pemerintahan nagari di Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara dan Selatan Kabupaten Pasaman. Penelitian ini diolah menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskritif. Penelitian ini dilaksanakan di Kantor Wali Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara dan Selatan Kecamatan Lubuk Sikaping, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Pasaman. Informan penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Purposive Sampling sementara data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Sedangkan untuk teknik analisis data dengan cara reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan ditemukan bahwa Strategi Capacity Building dalam meningkatan kemampuan aparatur pemerintahan nagari dapat dikatakan belum optimal dan belum terlaksana seluruhnya karena hanya dilakukan melalui kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Pemerintahan Kabupaten khususnya Dinas Pemberdayaan Masyarakat dengan perioderisasi minimal sekali dalam setahun dan belum melibatkan partisipasi keseluruhan aparatur pemerintahan nagari. Dalam pelaksanaannya masih banyak hambatan yang dihadapi oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Persiapan Tanjung Beringin Utara dan Selatan Kabupaten Pasaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: CAPACITY BUILDING
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:34
Last Modified: 11 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36149

Actions (login required)

View Item View Item