Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu Tipe Connected Bermuatan Karakter dengan Tema Indra Pendengaran dan Sistem Sonar pada Makhluk Hidup

Dani, Ilham (2019) Pengembangan Buku Guru IPA Terpadu Tipe Connected Bermuatan Karakter dengan Tema Indra Pendengaran dan Sistem Sonar pada Makhluk Hidup. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_ILHAM_DANI_16175014_2148_2019.pdf

Download (109kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari penyampaian materi pelajaran IPA di SMP yang umumnya masih terpisah. Hal ini dapat dilihat dari cara mengajarkannya, yang mana guru fisika kesulitan mengajarkan biologi ataupun sebaliknya. Penyebabnya adalah buku guru terbitan pemerintah belum sepenuhnya memandu guru dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan disimpulkan, materi esensial yang dimuat pada buku guru terlihat ringkas, sehingga membuat guru harus berusaha mencari informasi/sumber lain. Disamping itu, belum terdapatnya nilai�nilai karakter, tujuan pembelajaran serta penilaian keterampilan. Hal ini berdampak kepada komponen buku guru yang terkesan kurang lengkap. Sehingga guru belum sepenuhnya mendapatkan informasi secara detail dari penggunaan buku siswa yang meliputi tahap persiapan, pelaksanaan dan penilaian pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan buku guru IPA Terpadu Tipe Connected bermuatan karakter dengan Tema Indra Pendengaran dan Sistem Sonar pada Makhluk Hidup dengan kriteria valid, praktis dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 fase yaitu preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Data dalam penelitian ini adalah data analisis kebutuhan, data validasi, data praktikalitas, dan data efektivitas. Instrumen penelitian terdiri dari angket, lembar analisis, lembar validasi, lembar praktikalitas, dan lembar efektivitas. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase. Hasil penelitian dari tahap preliminary research dibutuhkan buku guru, prototyping phase diperoleh produk buku guru IPA Terpadu tipe connected bermuatan karakter dengan tema indra pendengaran dan sistem sonar pada makhluk hidup yang memenuhi kriteria valid (validator ahli 0,86 dan praktisi 0,86). Pada tahap uji lapangan diperoleh buku guru dengan kriteria sangat praktis (86,04%) dan assesment phase diperoleh produk berupa buku guru yang memenuhi yang efektif (guru 87,2% kategori sangat efektif).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 11 Jan 2022 07:34
Last Modified: 11 Jan 2022 07:34
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36138

Actions (login required)

View Item View Item