Pengembangan Wisata Religi Dan Sejarah Komplek Makam Syekh Burhanuddin Di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman (2009 – 2018)

Otari, Hayati (2019) Pengembangan Wisata Religi Dan Sejarah Komplek Makam Syekh Burhanuddin Di Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang Pariaman (2009 – 2018). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_HAYATI_OTARI_17161014_1446_2019.pdf

Download (90kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi dan pengamatan penulis ketika mengunjungi Objek Wisata Religi Makam Syekh Burhanuddin Nagari Ulakan Kecamatan Ulakan Tapakis Kabupaten Padang pariaman, bahwa atraksi yang belum dikenal, aksesibilitas yang sempit, kurang memadainya fasilitas yang ada wisata serta aktivitas wisata yang terdapat di objek wisata religi makam Syekh Burhanuddin. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Pengembangan Wisata Religi dan Sejarah makam Syekh Burhanuddin di Kabupaten Padang Pariaman dilihat dari empat indicator potensi pengembangan yaitu atraksi, aksesibilitas, amenitas, dan Promosi. Jenis penelitian ini adalah penelitian metode kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis SWOT. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mewawancarai penjaga makam dan lebih mengetahui tentang makam Syekh Burhanuddin, serta menggunakan analisis SWOT. Kegiatan keagamaan di kawasan ini telah membawa dampak yang cukup luas pada kawasan sekitarnya, baik berupa berkembangnya aktifitas ekonomi, perkembangan kawasan belum dibarengi dengan kelengkapan sarana dan prasarana dasar yang memadai dalam mendukung aktifitas keagamaan maupun aktifitas wisata yang berkembang, sehingga potensi kreatifitas yang ada kurang dapat dilayani dengan baik. Sehingga dengan demikian, diperlukan adanya upaya mengoptimalkan fungsi pelayanan dan pengembangan wisata religi dan sejarah makam Syekh Burhanuddin melalui perlengkpan dan penanganan dari pemerintah pada kawasan makam Syekh Burhanuddin ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:44
Last Modified: 10 Jan 2022 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36136

Actions (login required)

View Item View Item