Pengaruh Active Learning dalam bentuk pendekatan saintifik berbantuan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL)terhadap Kompetensi Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pasaman

Laili, Fitria (2019) Pengaruh Active Learning dalam bentuk pendekatan saintifik berbantuan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL)terhadap Kompetensi Biologi Peserta Didik Kelas X SMAN 1 Pasaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FITRIA_HANDA_YANI_17176004_2837_2019.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran yang belum sepenuhnya menerapkan pendekatan saintifik. Selain itu, saat dilaksanakan proses diskusi, masih banyak peserta didik yang bersikap acuh terhadap anggota kelompoknya serta lebih membebankan tugas kepada anggota kelompok yang aktif dan berprestasi. Selain itu, peserta didik juga masih mengandalkan catatan dan penjelasan dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Active Learning dalam bentuk pendekatan saintifik berbantuan LKPD terhadap kompetensi belajar peserta didik di SMAN 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan populasi peserta didik kelas X SMAN 1 Pasaman yang terdaftar pada tahun 2018/2019. Pengambilan dua kelas sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling. Rancangan penelitian ini adalah Randomized Control Posted Only Design. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes tertulis dan lembar observasi. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan uji Mann Whitney U. Kompetensi ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan peserta didik yang mengikuti Active Learning dalam bentuk Pendekatan Saintifik berbantuan LKPD berbasis PBL lebih baik secara signifikan daripada peserta didik yang mengikuti Active Learning dalam bentuk pendekatan saintifik berbantuan LKPD. Nilai rata�rata kompetensi ranah pengetahuan kelas eksperimen adalah 86,74 sedangkan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 82,00. Nilai rata-rata kompetensi ranah sikap pada kelas eksperimen dengan kategori baik (3,22) dan pada kelas kontrol dengan kategori cukup (2,98). Nilai rata-rata kompetensi ranah keterampilan peserta didik kelas eksperimen dengan kategori baik (3,30) sedangkan kelas kontrol dengan kategori baik (3,11)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:43
Last Modified: 10 Jan 2022 02:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36135

Actions (login required)

View Item View Item