Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Larutan Penyangga.

Yani, Fitra Handa (2019) Efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) pada Materi Larutan Penyangga. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FITRIA_HANDA_YANI_17176004_2837_2019.pdf

Download (108kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mengungkap efektivitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis inkuiri terbimbing terhadap High Order Thinking Skills (HOTS) dan hasil belajar peserta didik pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilakukan dengan desain non-equivalent control group design. Sampel terdiri dari 135 peserta didik yang terbagi menjadi dua kelas eksperimen dan dua kelas kontrol. Kelas eksperimen dan kelas kontrol pertama sama sama berjumlah 36 peserta didik. Sedangkan kelas eksperimen dan kelas kontrol kedua masing-masing berjumlah 33 dan 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes hasil belajar berjumlah 20 butir soal dan 12 diantaranya adalah tes HOTS. Tes ini diberikan kepada peserta didik sebelum pembelajaran sebagai pre-test dan sesudah dilakukan pembelajaran sebagai post-test. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai N-Gain kelas ekperimen dan kelas kontrol pertama masing-masing 0,85 dan 0,74 untuk HOTS serta 0,86 dan 0,76 untuk hasil belajar . Sedangkan nilai N-Gain kelas eksperimen dan kelas kontrol kedua masing masing 0,81 dan 0,71 untuk HOTS serta 0,80 dan 0,73 untuk hasil belajar. Hasil uji t menggunakan aplikasi statistik SPSS diperoleh nilai signifikansi kelas eksperimen dan kelas kontrol pertama yaitu 0.000 untuk HOTS dan hasil belajar. Sedangkan uji t pada kelas eksperimen dan kontrol kedua diperoleh nilai signifikansi 0,000 untuk HOTS dan 0,004 untuk hasil belajar. Uji t dilakukan pada tingkat kepercayaan 95% dan taraf signifikansi (α=0,05). Nilai signifikansi yang didapatkan kecil dari α sehingga disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berbasis inkuiri terbimbing efektif terhadap meningkatkan HOTS dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:08
Last Modified: 10 Jan 2022 02:08
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36133

Actions (login required)

View Item View Item