Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Kerinci.

Yuningsih, Fitri (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 15 Kerinci. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FITRI_YUNINGSIH_17177014_3769_2019.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi yang telah dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 15 Kerinci menunjukkan bahwa kompetensi peserta didik pada ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan masih rendah. Upaya yang dapat dilakukan untuk untuk mengetahui masalah tersebut adalah dengan menggunakan model Problem Based Learning dan kemampuan awal di dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Problem Based Learning dan Kemampuan Awal terhadap kompetensi peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMPN 15 Kerinci, tahun pelajaran 2018/2019, sedangkan sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas VIIIA, sebagai kelas eksperimen yang diberi perlakuan model Problem Based Learning dan kemampuan awal dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol yang diberi perlakuan model konvensional dan kemampuan awal. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik saturation sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal tes pengetahuan dan lembar pengamatan sikap dan keterampilan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t dan uji anova dua arah untuk kompetensi pengetahuan, serta uji Mann Whitney U untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kompetensi belajar biologi peserta didik kelas eksperimen lebih baik daripada peserta didik kelas kontrol. Penilaian dilakukan pada kompetensi peserta didik baik aspek pengetahuan, sikap dan keterampilan. Pada aspek pengetahuan skor rata-rata peserta didik di kelas eksperimen adalah 78,77 dan di kelas kontrol adalah 71,92. Pada aspek sikap diperoleh skor rata-rata di kelas eksperimen adalah 83,18 dan di kelas kontrol adalah 73,08. Sedangkan pada aspek keterampilan, diperoleh skor rata-rata di kelas eksperimen adalah 83,89 dan di kelas kontrol adalah 77,64. Dapat disimpulkan bahwa model Problem Based Learning dan kemampuan awal berpengaruh terhadap kompetensi peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:07
Last Modified: 10 Jan 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36132

Actions (login required)

View Item View Item