Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Mind Map dan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Haq Semurup

Eriza, Fadhli (2019) Pengaruh Pendekatan Konstruktivisme Berbantuan Mind Map dan Kemampuan Awal Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Swasta Nurul Haq Semurup. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FADHLI_ERIZA_7177012_3841_2019.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Kompetensi belajar biologi di MTsS Nurul Haq Semurup masih rendah.Hal ini terjadi karena siswa tidak percaya diri, kurang motivasi, kurang rasa tanggung jawab terhadap kelompok, tidak aktif dan sulit memahami pelajaran. Salah upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengunakan model pembelajaran konstruktivisme berbantu media mind map. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pendekatan konstruktivisme berbantuan mind map terhadap kompetensi belajar biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu, yang menggunakan rancangan Factorial design 2 x 2 untuk pengetahuan, the static group comporison untuk kompetensi sikap dan keterampilan. Populasi penelitian seluruh siswa kelas VIII MTsS Nurul Haq Semurup yang terdapat pada semester II tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 3 kelas, sedangkan sampel adalah kelas VIIIA sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIB sebagai kelas kontrol siswa yang diambil dengan teknik Purposive Sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes pengetahuan berbentuk objektif untuk kompetensi ranah pengetahan, dan lembar pengamatan (observasi) untuk kompetensi ranah sikap dan keterampilan. Hasil penelitian menunjukkan, kompetensi belajar aspek pengetahuan siswa yang mengikuti pendekatan konstruktivisme berbantuan mind map dan kemampuan awal lebih baik dari pada kompetensi belajar aspek pengetahuan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional serta tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan kemampuan awal siswa dalam mempengaruhi kompetensi belajar aspek pengetahuan siswa. Kompetensi belajar aspek sikap dan keterampilan siswa yang mengikuti pendekatan konstruktivisme berbatuan mind map lebih baik dari pada kompetensi belajar aspek pengetahuan siswa yang mengikuti model pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan kompetensi belajar biologi siswa ranah pengetahuan, sikap dan keterampilan pada pendekatan konstruktivisme berbantuan mind map berpengaruh baik terhadap kompetensi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:07
Last Modified: 10 Jan 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36128

Actions (login required)

View Item View Item