Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dengan Teknik Simulasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 8 Bukittinggi

Widyastuti, Ekarining (2013) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Dengan Teknik Simulasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 8 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_EKARINING_WIDYASTUTI_81177_1503_2019.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Hasil belajar matematika siswa SMPN 8 Bukittinggi selama ini masih rendah karena siswa tidak merasakan kegunaannya secara langsung. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa adalah dengan model pembelajaran berdasarkan masalah. Penelitian bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar matematika siswa antara siswa yang diberikan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik simulasi terhadap pembelajaran konvensional ditinjau dari pengetahuan awal siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment), dilaksanakan di SMP Negeri 8 Bukittinggi pada semester genap tahun pelajaran 2009/2010, dengan menggunakan desain treatment by block 2x2. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 8 Bukittinggi, dengan metode cluster sampling terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII-4 dan kelas kontrol adalah kelas VII-1. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar matematika. Data di analisis dengan menggunakan uji-t dan analisis variansi dua arah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) hasil belajar matematika siswa dengan yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik simulasi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional, 2) hasil belajar matematika siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik simulasi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki pengetahuan awal tinggi yang diajar dengan pembelajaran konvensional. 3) hasil belajar matematika siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang diajar dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik simulasi lebih tinggi daripada hasil belajar matematika siswa yang memiliki pengetahuan awal rendah yang diajar dengan pembelajaran konvensional. 4) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan pengetahuan awal terhadap hasil belajar matematika siswa. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan model pembelajaran berdasarkan masalah dengan teknik simulasi dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S2
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:07
Last Modified: 10 Jan 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36127

Actions (login required)

View Item View Item