Respon Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 8 Padang

Yuliani, Febi (2021) Respon Guru dan Peserta Didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 8 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FEBI_YULIANI_17031138_ 4351_2021.pdf

Download (698kB) | Preview

Abstract

Dunia saat ini digemparkan dengan kehadiran virus mematikan yaitu virus Corona atau biasa disebut Covid-19. Virus ini menyebabkan perubahan pola hidup manusia yang sangat drastis di muka bumi ini. Salah satunya dalam bidang pendidikan. Pelaksanaan sistem pembelajaran mengalami transformasi yang cepat. Seluruh kegiatan pembelajaran yang ada di Indonesia terpaksa berlangsung secara online. Guru maupun peserta didik dituntut untuk mengenal lebih dalam mengenai penguasaan media teknologi. Hasil observasi respon terhadap pembelajaran online saat ini masih rendah. Hal ini disebabkan karena penguasaan penggunaan media teknologi yang belum maksimal. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru dan peserta didik Kelas XI IPA terhadap Pembelajaran Online selama Masa Pandemi pada Mata Pelajaran Biologi di SMAN 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang dilakukan di SMAN 8 Padang. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik pengambilan sampling jenuh dimana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru biologi yang mengajar di SMAN 8 Padang dengan jumlah 4 orang dan peserta didik kelas XI IPA di SMAN 8 Padang dengan jumlah 180 orang. Instrumen dalam penelitian ini adalah kuesioner keterlaksanaan dan respon pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaran biologi di SMAN 8 Padang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa respon guru sebesar 65,30 % dengan kategori cukup baik dan peserta didik sebesar 53,05 % dengan kategori tidak baik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa respon guru terhadap pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaran biologi di SMAN 8 Padang cukup baik dan respon peserta didik kelas XI IPA terhadap pembelajaran online selama masa pandemi pada mata pelajaran biologi di SMAN 8 Padang tidak baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:07
Last Modified: 10 Jan 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36125

Actions (login required)

View Item View Item