Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semester I

Darry, Frichilya Wulan (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Keterampilan 4C pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI Semester I. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_03_FRICHILYA_WULAN_DARRY_17031142_3306_2021.pdf

Download (593kB) | Preview

Abstract

Pada era revolusi 4.0 keterampilan 4C sangat membantu dalam proses pembelajaran. Pembelajaran biologi didukung juga dengan pemahaman materi melalui media pembelajaran salah satunya berupa LKPD berorientasi keterampilan 4C. Hasil o bservasi yang dilakukan, diketahui bahwa peserta didik sangat tertarik dalam penggunaan LKPD karena lebih memudahkan peserta didik dalam memahami materi dalam proses pembelajaran. Maka dikembangkanlah LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran Biologi Kelas XI semester 1. Pengembangan LKPD ini menggunakan tiga tahapan dari 4-D models yaitu define, design, dan development (tahapan disseminate tidak dilakukan). Objek penelitian ini adalah LKPD berorientasi keterampilan 4C pada mata pelajaran Biologi Kelas XI Semester 1. LKPD berorientasi keterampilan 4C divalidasi oleh tiga orang dosen Jurusan Biologi FMIPA UNP dan satu orang guru biologi SMAN 2 Bukittinggi yang merupakan subjek dari penelitian ini. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi produk. Data yang didapatkan dari hasil validasi dan analisis dengan statistik deskriptif Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh nilai validitas 93,44 % dengan rincian, pada aspek kelayakan isi sebesar 93,05 %, aspek kebahasaan sebesar 93,75 %, aspek penyajian atau konstruksi sebesar 92,42 % dan aspek kegrafikaan sebesar 94,53 % dengan kriteria sangat valid. Berdasarkan hal tersebut dapat disimpulkan bahwa telah dihasilkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berorientasi Keterampilan 4C pada mata pelajaran Biologi Kelas XI Semester I yang sangat valid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 10 Jan 2022 02:07
Last Modified: 10 Jan 2022 02:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36124

Actions (login required)

View Item View Item