Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika SMA dan IPA SMP

Syahmi, Hasya (2021) Meta Analisis Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Fisika SMA dan IPA SMP. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_05_HASYA_SYAHMI_17033130_5255_2021.pdf

Download (751kB) | Preview

Abstract

Abad 21 berkembang sangat pesat. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam segala kehidupan, termasuk dalam proses pembelajaran sudah memasuki era yang modem. Kurikulum 2013 menuntut terjadinya pembelajaran yang menerapkan pembelajaran kontekstual yang didukung dengan sumber belajar yang sesuai. Dalam proses pembelajaran dibutuhkan sumber media yang sesuai untuk dipergunakan oleh guru. Hal ini membuat guru dituntut mampu memilih media belajar yang sesuai untuk digunakan dalam proses pembelajaran yang mampu membuat siswa menjadi aktif dikelas. Namun fakta justru menampilkan keadaan yang sebaliknya, dimana kemampuan berpikir kritis siswa masih tergolong rendah saat proses pembelajaran. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan cara menggunakan media pembelajaran, yaitu berupa modul. Jenis penelitian yang dilakukan adalah meta analisis. Meta analisis adalah penelitian yang dilakukan dengan cara merangkum data penelitian, meriview dan menganalisis data penelitian dari beberapa hasil penelitian yang sudah dilakukan sebelumnya. Langkah-langkah meta analisis yaitu melakukan tinjauan pustaka, mengumpulkan data, mempelajari dan menilai artikel, menganalisis dan menafsirkan artikel dan menyusun hasil laporan. Kriteria artikel yang digunakan harus terdapat data statistik yang diperlukan. Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat dinyatakan empat hasil penelitian. Pertama, penggunaan modul memberikan pengaruh yang berarti pada jenjang pendidikan SMA dengan summary effect size sebesar 0,931 dibanding jenjang pendidikan SMP. Kedua, penggunaan modul memberikan pengaruh yang berarti pada materi gravitasi newton dengan summary effect size sebesar 3,742 yang dikategorikan sangat tinggi. Ketiga, penggunaan modul memberikan pengaruh yang berarti dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pendekatan Saintifik. Keempat, penggunaan modul memberikan pengaruh sangat tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis di wilayah Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:06
Last Modified: 07 Jan 2022 04:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36121

Actions (login required)

View Item View Item