Pengaruh Penambahan Tepung Kanji sebagai Crosslinker terhadap Performa Komposit Selulosa Bakteri Ekstrak Daun Putri Malu ( Mimosa pudica)

Rahim, Hasanatunissa Fyndi (2021) Pengaruh Penambahan Tepung Kanji sebagai Crosslinker terhadap Performa Komposit Selulosa Bakteri Ekstrak Daun Putri Malu ( Mimosa pudica). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_08_HASANATUNISSA_FYNDI_RAHIM_17036077_4651_2021.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Selulosa Bakteri (SB) memiliki banyak pengaplikasian dalam kehidupan, salah satu contohnya yaitu dalam pembuatan kertas, plastic, dan industry makanan. Selain itu SB dapat dimanfaatkan dalam bidang medis yaitu sebagai bahan baku pembuatan tulang rawan. Rendahnya sifat yang dimiliki SB maka diperlukan suatu komposit dalam meningkatkan sifat SB agar dapat digunakan sebagai tulang rawan sintetis nantinya. Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk melihat pengaruh variasi croslinker (amilum) terhadap performa Komposit Selulosa Bakteri-Ekstrak Daun Putri Malu (KSB-EDPM) yang akan diaplikasikan dalam bidang biomedis nantinya terkhusus untuk pembuatan tulang rawan. Preparasi SB difermentasi selama lebih kurang 14 hari, kemudian SB yang terbentuk direndam selama 4 hari dalam EDPM dan dalam croslinker selama 3 hari menggunakan sinar UV dan shaker. Karakteristik KSB-EDPM dilakukan berdasarkan uji sifat fisik, sifat mekanik dan struktur. Kandungan air yang terdapat pada SB yaitu sebesar 99,17%, KSB-EDPM 97,67 %, KSB-EDPM croslinker 1 % 94,18% , KSB-EDPM crosslinker 2% 92,78% dan KSB-EDPM croslinker 3% 96,59%. KSB-EDPM dengan penambahan croslinker 2% memiliki elastisitas, kuat tarik dan kuat tekan yang lebih baik dari pada SB dan KSB- EDPM. Uji derajat kristalinitas menggunakan instrument XRD menunjukkan bahwa KSB-EDPM C2% memiliki kristanilitas lebih tinggi dari pada SB dan KSB-EDPM.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Jan 2022 04:07
Last Modified: 07 Jan 2022 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/36118

Actions (login required)

View Item View Item